blank
Wali Kota Sigit Widyonindito memimpin Rapat Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2021 di Ruang Adipura Kencana, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARAABARU.ID) – Persediaaan kebutuhan pokok untuk warga Kota Magelang hingga akhir tahun 2020 cukup, termasuk untuk memenuhi  kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2021. Yaitu bahan bakar minyak, elpiji 3 kg, sembako dan sebagainya.

Penjelasan itu disampaikan Agus Satiyo Hariyadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Magelang, pada Rapat Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2021 di Ruang Adipura Kencana, kemarin.

Rapat itu dihadiri Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono dan Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ary Setyawan.

‘’Stok kebutuhan pokok masyarakat, BBM dan elpiji 3 kg bersubsidi mencukupi sampai akhir tahun 2020,’’ terangnya.

Dia menerangkan, perkembangan harga rata-rata kebutuhan pokok stabil, hanya beberapa komoditas dalam seminggu terakhir mengalami peningkatan yang signifikan karena kondisi cuaca. Komoditas tersebut antara lain, bawang merah besar, cabai merah keriting dan bawang putih.

Agus juga menjelaskan mengenai kesiapan sarana dan prasarana transportasi, survei kondisi jalan, kebersihan dan siaga bencana, serta penjelasan mengenai kegiatan pengamanan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Menurutnya, pasukan gabungan dari Satpol PP, Dishub, TNI dan Polri akan intensif menggelar operasi pegamanan guna mengantisipasi pelanggaran Perda dan gangguan ketertiban. Seperti pelanggaran pedagang kaki lima (PKL),  pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT), pengamen, tindak asusila serta pengamanan event dan keramaian.

‘’Dari Satpol PP akan diterjunkan 8 regu dengan kendaraan 2 mobil truk, 3 mobil patroli, 1 patwal dan 2 moge,’’ terangnya.

Wali Kota Sigit Widyonindito menambahkan, antisipasi kerumunan massa perlu dipertegas karena penyebaran Covid-19 masih tinggi. Sigit pun menekankan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersama memberikan edukasi kepada masyarakat.

‘’Sosialisasi tentang protokol kesehatan berikut penegakkannya harus terus dilakukan. Termasuk di tempat-tempat yang berpotensi kerumunan. karena langkah seperti ini menjadi upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,’’ tegasnya.

Sigit juga meminta jajaran OPD memetakan ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Termasuk kesiapan sarana dan prasarana transportasi, potensi bencana hingga kegiatan pengamanan di Kota Magelang.

‘’Kesiapan di lapangan perlu diketahui baik itu kesiapan infrastruktur, maupun kesiapan kebutuhan pokok masyarakat. Saya harap perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Magelang bisa berjalan lancar,’’ pintanya.

 

Penulis  : prokompim/kotamgl

Editor    : Doddy Ardjono