blank
Sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan di hadapan anggota Karang Taruna Setya Budi Desa Dermolo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Menurunnya kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat saat ini harus diantisipasi dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kebangsaan.

“Salah satu nilai kebangsaan itu terkandung dalam Pancasila yang sarat nilai-nilai dalam setiap silanya,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam Sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan di hadapan anggota Karang Taruna Setya Budi Desa Dermolo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (16/12).

Lestari menegaskan, makna nilai kebangsaan pada sila-sila pada Pancasila saling berkaitan, sehingga pelaksanaannya pun harus secara menyeluruh.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap anggota karang taruna yang terdiri dari para pemuda, buruh PTPN, kelompok nelayan perempuan dan pelaku UMKM kopi itu, dapat mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila dalam keseharian mereka.

Karena, jelas Rerie, saat ini ideologi asing sangat mudah masuk dan menjadi pemahaman sekelompok masyarakat.

Kondisi tersebut, ujar Legislator Partai NasDem itu, sangat mengkhawatirkan terutama bagi generasi muda yang belum memiliki pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai kebangsaan yang ada saat ini.

Hadepe / ua