blank
Peta Mikro Zonasi Risiko Covid-19 Kabupaten Kebumen per 12/12.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perkembangan pandemi Covid-19 di Kebumen dalam beberapa hari terakhir sedikit membaik. Dari zonasi riziko corona, untuk tingkat Kabupaten Kebumen setelah beberapa pekan masuk Zona Merah, sejak 12/12 ini telah masuk ke Zona Oranye.

Namun pada Selasa (15/12) ada penamahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyaka 60 orang. Di hari yang sama, ada kabar baik sebanyak 47 pasien terpapar corona telah dinyatakan sembuh.

Demikian diungkapkan Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto dalam rilis yang diterima Rabu pagi (16/12).

Menurut Cokro Aminoto, untuk Kasus Suspek hingga hari itu tercatat 140 orang. Dari sejumlah kasus suspek tersebut dirawat 92 orang, dirujuk 3 orang, menjalani isolasi 45 orang. Kasus Probabel hingga saat ini tercatat 143 orang. Dari sejumlah kasus Probabel tersebut, menjalani perawatan 60, menjalani isolasi 2, meninggal dunia 81.

Menurut Cokro Aminoto, hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  3.315 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut , dirawat 276 orang, menjalani isolasi 393 orang, dirujuk 6 orang, meninggal dunia 98 orang dan sembuh 2.542 orang.

Sedangkan Peta Zonasi  Risiko Covid-19, berdasarkan update peta mikrozonasi  (12-12-2020), Kabupaten Kebumen masuk dalam Zona Oranye di Wilayah Provinsi Jateng. Satu kecamatan masuk dalam Zona Merah, yaitu Kecamatan Ayah. 24 kecamatan masuk Zona Oranye dan satu kecamatan masuk dalam Zona Kuning yaitu Kecamatan Sadang.

Desa Zona Merah di Kabupaten Kebumen dalam pekan ini meliputi Desa Donorojo, Kedungweru, Bejiruyung, Semondo, Wonosigro, Bendungan, Grenggeng, Kajoran, Sangubanyu dan Sidomukti.

Komper Wardopo