blank
Ketua KPU Wonosobo Asma' Khozin menandatangani berita acara Rapat Pleno Perhitungan Suara Pilkada. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo menetapkan hasil penghitungan suara hasil Pilkada 9 Desember 2020 lalu yang dimenangi pasangan calon (paslon) Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar.

Dalam “Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil penghitungan Perolehan Suara”, di Gedung Korpri, Rabu (16/12), paslon yang diusung 7 partai politik, yakni PDI Perjuangan, PKB, Golkar, Demokrat, Nasdem, Hanura dan PAN itu, mampu mengalahkan kolom kosong.

Paslon Afif-Albar yang kini masing-masing masih menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan dan Ketua DPC PKB tersebut, dari hasil penghitungan rekapitulasi rapat pleno KPU, memperoleh 269.789 suara dan kolom kosong mendapat 153.605 suara.

Ketua KPU Asma’ Khozin, menyampaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 681.161. Jumlah pemilih yang pindah memilih (DPPh) sebanyak 880. Pemilih tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilih dengan KTP Elektronik atau surat keterangan (DPTb) atau pemilih tambahan sebanyak 655.

Asma’ juga menambahkan pada Pilkada Serentak kali ini di Wonosobo terdapat 423.394 suara sah. Adapun jumlah suara tidak sah mencapai 29.698 suara. Jadi total dari suara sah dan tidak sah sebanyak 453.092 suara.

“Hari ini adalah proses penetapan penghitungan, selanjutnya ada proses sengketa terhitung mulai hari ini sampai Senin (21/12) pukul 13.00 WIB. Jika tidak ada sengketa tinggal menunggu hasil dari MK bahwa tidak ada sengketa. Setelah itu baru penetapan paslon terpilih,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga final penghitungan semua proses berjalan lancar. Tidak ada keberatan dari Saksi maupun dari Bawaslu. Bila semua proses berjalan lancar, tidak ada sengketa di MK, kemungkinan di awal ataupun pertengahan Januari 2021 sudah bisa menetapkan calon terpilih.

Terima Kasih

blank
Anggota PPK Pilkada tengah membuka korak suara hasil Rapat Pleno Perhitungan suara. Foto : SB/Muharno Zarka

Plh Sekda Wonosobo, Sumaedi, menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas terselenggaranya pesta demokrasi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2020, dengan baik, lancar, aman, damai dan kondusif.

“Saya berharap kondisi ini dapat dipertahankan dan semakin ditingkatkan pada pelaksanaan pemilu mendatang. Dengan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik, maka akan tercipta kondusifitas dan keamanan daerah,” tuturnya.

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih pula atas partisipasi aktif seluruh masyarakat Wonosobo, dalam rangka turut menyukseskan Pilkada Serentak tahun 2020 ini. Tanpa keterlibatan warga, Pilkada tidak akan berjalan lancar, aman damai.

“Baik yang telah menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bertanggung jawab, maupun yang ikut membantu menjaga situasi wilayah tetap damai dan kondusif,” ungkap Sumaedi.

Sesuai dengan tahapan, program dan jadwal, sambung dia, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang telah ditetapkan oleh KPU, kini sudah sampai kepada tahapan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara.

“Saya harap tahapan ini juga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, jujur, dan penuh tanggung jawab. Pada seluruh penyelenggara pemilu dan komponen masyarakat, untuk selalu mendukung dan menerima hasil rekapitulasi perhitungan suara ini,” tandasnya.

Warga juga diminta untuk mendukung pasangan Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Wonosobo M Albar, yang ditetapkan menang dalam pemilihan, agar daerah ini lebih maju dan berkembang.

Muharno Zarka-Wahyu