blank
Jalan berlubang di persimpangan Hypermart yang merupakan salah satu jantung kota Kudus. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Kudus nampaknya membuat sejumlah ruas jalan mulai rusak dan berlubang. Bahkan, tak jarang kerusakan jalan tersebut menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Pantauan yang ada, kerusakan cukup parah diantaranya terjadi di ruas Jalan Pantura Kudus-Pati. Di sepanjang jalan ini, sejumlah lubang yang cukup lebar dan dalam mulai menganga dan sangat membahayakan pengendara kendaraan terutama sepeda motor.

Selain itu, beberapa kerusakan lain diantaranya muncul di ruas jalan dr Loekmonohadi  sekitaran Hypermart. Di kawasan utara, kerusakan jalan juga muncul di Jalan Besito Raya atau perempatan Peganjaran ke selatan.

Sunarwi, salah seorang pengguna jalan menuturkan, banyaknya lubang-lubang di jalanan ini sangat membahayakan. Menurutnya, beberapa kali dia menemui adanya kecelakaan akibat jalanan yang rusak.

“Paling banyak adalah pengendara sepeda motor yang jatuh akibat terperosok lubang di jalan,”katanya.

Atas kondisi tersebut, dia berharap pemerintah kabupaten segera melakukan langkah penanganan. Jika terus dibiarkan, kerusakan akan bertambah parah dan membuat banyak kecelakaan.

Perbaikan Jalan

Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus, Arif Budi Siswanto saat dikonfirmasi mengakui kerusakan memang banyak terjadi di ruas jalan-jalan di Kudus. Hal tersebut salah satunya diakibatkan tingginya curah hujan yang mengguyur.

“Derasnya hujan tentu membuat aspal jalan gampang terkelupas dan rusak,”kata Arif, Selasa (15/12).

Atas kondisi tersebut, menurut Arif, Dinas PUPR akan segera melakukan upaya perbaikan. Perbaikan dilakukan dengan menggunakan anggaran perawatan jalan yang ada.

Menurutnya, saat ini perbaikan sudah dilakukan dengan mulai mengeruk ruas jalan yang akan ditambal atau meratakan jalan yang bergelombang.

Perbaikan tersebut kata Arif, dilakukan baik dengan cara patching (penambalan) maupun overlay (penambahan tebal lapis) ruas jalan yang rusak.

“Terutama di ruas jalan dalam kota, akan segera kita lakukan perbaikan baik melalui patching maupun overlay,”tandasnya.

Sementara, disinggung untuk ruas Pantura Kudus-Pati, kata Arif, memang bukan kewenangan Dinas PUPR Kabupaten. Namun demikian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait agar proses perbaikan bisa dilakukan.

“Untuk ruas jalan Pantura, sudah kami koordinasikan karena memang bukan kewenangan Kabupaten,”tandasnya.

Tm-Ab