blank

BANTUL, (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menutup sementara layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, menyusul adanya tiga tenaga kesehatan yang bertugas di bagian pelayanan tersebut terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

“Jadi benar ya, kemungkinan mulai hari ini, Senin, Selasa dan Rabu (14-16 Desember) IGD RS Panembahan Senopati (layanan) kita ‘off’-kan terlebih dahulu, karena ada tiga personel yang bertugas di situ hasil swabnya positif,” kata Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis saat dikonfirmasi di Bantul, Senin.

Menurut dia, tiga personel di IGD rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang diketahui terpapar virus corona baru tersebut adalah dokter, tenaga kesehatan, lalu petugas kebersihan.

Selain untuk desinfeksi peralatan kesehatan dan ruangan IGD, kata Helmi yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, penutupan sementara layanan juga untuk pemeriksaan kesehatan terhadap personel lain yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

“Hari ini kami rencanakan untuk melakukan tes swab pada seluruh SDM (sumber daya manusia) yang bertugas di IGD kurang lebih 15 orang, kita berharap semoga hasilnya baik, sehingga setelah hari Rabu (16/12) sudah bisa dilakukan pembukaan kembali,” katanya.

Dia mengatakan, dikarenakan layanan di IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul ditutup, maka bagi masyarakat yang ingin memeriksakan gangguan kesehatan diarahkan ke poli, namun apabila mendesak bisa periksa ke rumah sakit lain.

“Soal itu (dampak penutupan layanan) kami belum dapat memberikan informasi lebih detail, tetapi kalau yang tidak sangat mendesak bisa diarahkan ke poli umum, atau ke rumah sakit lain,” katanya.

Penutupan IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul itu juga disampaikan melalui surat pengumuman yang disebarkan kepada masyarakat melalui aplikasi pesan singkat. Surat tertanggal 13 Desember 2020 tersebut ditandatangani Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul I Wayan Marthana.

“Sehubungan dengan beberapa tenaga kesehatan di IGD RSUD Panembahan Senopati yang kontak erat dengan pasien konfirmasi positif Covid-19, dan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan PCR, serta desinfeksi peralatan dan ruangan, maka pelayanan TUTUP SEMENTARA mulai Senin (14/12) pukul 07.00 WIB sampai Rabu (16/12) pukul 08.00 WIB,” demikian isi pengumuman itu.

Antara