blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Program Studi Sistem Informasi USM menggelar workshop “OpenERP” (Odoo Versi 13) bagi para dosen yang diselenggarakan pada tgl 8, 10, dan 11 Desember secara virtual.

Kegiatan yang diikuti 10 dosen Sistem Informasi ini menggandeng lembaga pelatihan Berdiklat Yogyakarta dengan narasumber dari Nurosoft Consulting Surabaya yaitu Onil dan Yessy.

Menurut Ketua Program Studi Sistem Informasi USM Prind Triajeng Pungkasanti M.Kom, mengatakan bahwa tujuan workshop ini untuk peningkatan kemampuan dosen dibidang Enterprise Resource Planning (ERP) yang merupakan sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya sebuah perusahaan. Selain itu ERP ini bertujuan untuk mendukung salah satu kompetensi mhs Progdi Sistem Informasi USM.

Menurutnya Odoo merupakan sebuah software ERP yang mengakomodir aplikasi bisnis seperti CRM (Customer Relationship Management) yang mana CRM merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Selain itu, software ini juga mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan.

“ERP Mengakomodir semua proses bisnis manufaktur (pabrik) dari proses produksi, warehouse, penjualan CRM yang sudah terintegrasi sehingga dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik pada departemen – departemen yang berbeda pada suatu perusahaan” tambahnya.

“Kegiatan peningkatan keilmuan bagi dosen system informasi seperti ini rencana akan digelar rutin setiap semester sekali” imbuhnya.
Sementara menurut Ketua Pelaksana Agusta Praba Ristadi Pinem M.Kom, bahwa kami memilih Odoo Versi 13, karena dengan memanfaatkan fungsionalitas OpenERP atau Odoo ke level yang lebih tinggi akan dapat memberikan banyak keuntungan, dikarenakan software ini merupakan open source dan memiliki kemampuan ERP, sehingga software ini memiliki lebih banyak penawaran selain fungsionalitas dari ERP itu sendiri. .

Selain itu, Odoo juga mendapat dukungan dari banyak komunitas yang dinamis, sangat fleksibel dan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Saiful Hadi -USM