blank
Para relawan saat melakukan evakuasi batang pohon yang roboh di Gang IV Wergu Kulon. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Insiden pohon tumbang kembali terjadi di Kudus. Kali ini sebuah pohon berdiameter sekitar 70 cm   tumbang dan menimpa dua rumah di tepi ruas Jalan Tit Sudono Gang IV Kelurahan Wergu Kulon, pada Kamis (10/12) siang.

Beruntung tidak ada korban jiwa atau kendaraan melintas yang tertimpa batang pohon dalam insiden tersebut. Namun, batang pohon yang melintang di tengah jalan membuat ruas jalan tersebut macet total.

Sejumlah saksi mengungkapkan, saat kejadian tiupan angin di sekitar lokasi tidak terlalu besar. Secara tiba-tiba, pohon tersebut tumbang dengan sebagian akar tercerabut dari tanah.

“Gak ada angin dan hujan pun turun rintik-rintik. Tiba-tiba ada suara ‘kriek’ dan pohonnya roboh,”kata Sudarji, seorang tukang becak yang mangkal tak jauh dari lokasi.

Dimungkinkan kondisi pohon yang sudah tua serta tanah di sekitar pohon yang gembur, membuat pohon menjadi tumbang. Terlebih, pohon tersebut juga berdiri di tepian drainase trotoar sehingga dimungkinkan akarnya tak lagi kokoh.

Akibat tumbangnya pohon tersebut, tercatat dua rumah milik Widowati dan Titik terlihat mengalami kerusakan ringan di bagian atapnya. Selain itu, ranting-ranting pohon juga mengakibatkan kabel telepon di sekitar lokasi juga terputus.

Saat berita ini diturunkan, sejumlah relawan dari BPBD Kudus dan Banser Tanggap Bencana (BAGANA) sudah datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Tm-Ab