blank
Penyerahan secara simbolis bantuan pembangunan drainase dari KSP Rukun Prima Abadi ke pemerintah Kecamatan Kaliwungu dan Pemdes Mijen. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Koperasi Simpan Pinjam Rukun Prima Abadi Kudus memberikan bantuan berupa pembangunan saluran drainase di jalan Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu. Bantuan tersebut merupakan bentuk partisipasi perusahaan swasta terhadap pembangunan desa.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis dilakukan di aula Politeknik Kumalasiwi, Kamis (10/12). Penyerahan dilakukan pimpinan KSP Rukun Sutrimo kepada Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan dan Kepala Desa Mijen, Singgih serta perangkat desa lainnya.

Drainase yang akan dibangun terletak di RT 10/RW VI Desa Mijen atau berada persis di belakang pasar Jetak. Panjang drainase yang akan dibangun mencapai 270 meter.

Dalam sambutannya, Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan menyampaikan apresiasinya atas pemberian bantuan ini. Menurutnya, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian swasta terhadap pembangunan daerah.

“Kemampuan APBD tentu sangat terbatas, sehingga peran swasta dalam pembangunan sangat dibutuhkan,”kata Satria.

Diharapkan hal seperti ini bisa ditiru oleh perusahaan ataupun masyarakat di desa lain. Pembangunan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama semua komponen yang ada di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Satria juga menyampaikan bahwa pada Tahun 2021 nanti, Jalan desa di Mijen khususnya di belakang Pasar Mijen dan RT 10 RW 6 akan dilaksanakan pembangunan dan pengecoran jalan dengan sumber dana dari bantuan keuangan kabupaten dan provinsi.

Sehingga ada sinergitas program pembangunan di desa mijen ke depannya.

Ketua KSP Rukun Prima Abadi, Sutrimo berharap pembangunan drainase ini bisa memberi manfaat kepada masyarakat Mijen pada khususnya. Sebab, kondisi jalan di RT 10/RW VI memang cukup memprihatinkan akibat ketiadaan saluran air.

“Dengan adanya drainase nanti, kondisi jalan bisa lebih baik dan bisa memberi manfaat kepada masyarakat,”tandasnya

Sementara, Anggota Komisi D DPRD Kudus, Irwansyah yang ikut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, bantuan yang diberikan KSP Rukun Prima Abadi ini merupakan contoh yang baik bagaimana sinergi antara kalangan swasta dan pemerintah dalam membangun daerah.

Oleh karena itu, selaku anggota DPRD, Irwansyah akan mendorong semua perusahaan swasta untuk ikut meniru apa yang dilakukan KSP Rukun Prima Abadi tersebut.

“Memang Kabupaten Kudus belum memiliki Perda CSR yang mengatur secara khusus peran swasta dalam membangun daerah. Namun, dengan apa yang dilakukan KSP Rukun Prima Abadi ini diharapkan bisa ditiru oleh perusahaan swasta lainnya,”tandasnya.

Tm-Ab