blank
Sebanyak 5.340 personel Linmas, direkrut menjadi garda terdepan pengamanan Pilkada Wonogiri yang akan digelar Rabu (9/12) lusa.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 5.340 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas), diterjunkan untuk menjadi Petugas Ketertiban (Gastib) pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wonogiri Tahun 2020. Mereka mengemban tugas sebagai garda paling depan dalam pengamanan Pilkada.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, sebanyak 4.046 dari 5.340 personel Linmas tersebut akan bertugas mengamankan di 2.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 294 desa/kelurahan di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Kemudian sebanyak 1.294 personel Linmas lainnya, bertugas mengamankan di pos induk kabupaten, di 25 pos kecamatan, dan di 294 pos desa dan kelurahan se Kabupaten Wonogiri.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, Senin (7/12), menyatakan, di Kabupaten Wonogiri terdata sebanyak 836.398 pemilih. ”Kami menargetkan angka partisipasi pemilih mencapai sebanyak 77 persen. Pilkada Wonogiri berjalan sehat, slamet dan tidak menimbulkan klaster Covid,” tegasnya. Para pemilih, akan memberikan hak pilihnya di 2.023 TPS. Masing-masing TPS dijaga dua personel Gastib.

blank
Babinsa Dadang (berdiri) dari Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, tampil memberikan pembinaan dan pembekalan kepada para anggota Linmas di Balai Desa Nguneng.

Pembinaan Pembekalan
Berkaitan dengan tugas yang dibebankan kepada para personel Linmas tersebut, mereka sebelumnya telah diberikan pembinaan dan pembekalan oleh personel Babinsa bersama Bhabinkamtibmas. Pembinaan dan pembekalan, dilaksanakan di Balai Desa dan Balai Kelurahan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Babinsa Serda Dadang dari Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, tampil memberikan pembinaan dan pembekalan di Balai Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, yang diikuti 30 personel Linmas.

blank
Sebelum melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pengamanan Pilkada, para personel Linmas Kabupaten Wonogiri diberikan pembinaan dan pembekalan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kemudian pembinaan dan pembekalan di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Puhpelem, diberikan oleh Babinsa Serda Parjito bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Danang. Pembinaan dan pembekalan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona.

Ikut hadir mendampingi pemberian pembekalan dan pembinaan kepada para anggota Linmas ini, Kepala Desa (Kades) Nguneng, Padi dan Kasi Pemerintahan, Agus Rinyanto. Kades Padi, berharap, langkah ini dilaksanakan dalam rangka mendukung terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, utamanya dalam pelaksanakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Rabu (9/12) lusa.

Babinsa Dadang, berharap, dengan dimilikinya bekal pemahaman terkait dengan tugasnya, para personel Linmas diharapkan dapat memberikan perannya secara maksimal. Sehingga pelaksanaan Pilkada Wonogiri Tahun 2020, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta terjauhkan dari gangguan.

 

Bambang Pur