blank
Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, memimpin gelar pasukan pengamanan Pilkada Demak 2020, di Alun-alun Simpang Enam. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, memimpin Apel Gelar Pasukan, dalam rangka pergeseran pasukan pengamanan tahap pemungutan suara sekaligus Operasi Mantap Praja Candi 2020, di Alun-alun Simpang Enam, Kabupaten Demak, Senin (7/12/2020).

Apel ini dilakukan jelang pelaksanaan Pilkada 2020 pada Rabu (9/12/2020), yang juga diikuti jajaran TNI, Polri dan Linmas. Dalam Apel Gelar Pasukan ini, Kapolres menyampaikan arti penting Polri, sebagai aparat penegak hukum sekaligus sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

”Kita harus selalu menumbuhkan jiwa pengabdian di dalam hati sanubari Polri, sebagai pelaksana pengamanan langsung pada Pilkada 2020. Polri juga mempunyai peran dan tanggung jawab dalam menjaga stabilitas keamanan negara,” terang Kapolres, didampingi Kapten Kav N Pasaribu, yang mewakili Dandim 0716.

BACA JUGA : Djarum Foundation Serahkan Bantuan untuk Tim Medis di Kabupaten Demak

Dia juga menyampaikan, arti penting dan strategisnya Pilkada serentak ini bagi keberlangsungan pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Demak.

”Hal ini tidak akan berjalan dengan baik, tanpa adanya manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan sumber daya yang ada. Selain itu, memperkokoh kerja sama yang sinergis dengan penyelenggara Pilkada, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar Pilkada berlangsung aman, damai dan sejuk,” kata AKBP Andhika.

Polres Demak dalam pengamanan Pilkada 2020, mengerahkan sebanyak 579 pesonel, untuk pengamanan di 2.206 TPS, dengan dibantu aparat TNI dari Kodim 0716, Linmas dan Satpol PP.

blank
Sejumlah personel Polri siap mengamankan Pilkada 2020, bersama TNI, Satpol PP dan Linmas, pada 9 Desember mendatang. Foto: rudy

Lebih lanjut Kapolres Andhika menambahkan, Pilkada 2020 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi tonggak sejarah. Dengan demikian, sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini, sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak.

”Kepada seluruh personel yang dilibatkan dalam tugas pengamanan ini, agar melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dedikasi. Terapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, dan berkoordinasi dengan KPPS setempat,” tegas Kapolres.

Rudy-Riyan