blank

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pebulutangkis ganda campuran Lilyana Natsir atau Butet dan ganda putra Mohammad Ahsan memberikan dukungannya kepada para atlet muda yang akan berkompetisi di Liga PB Djarum 2020 di Kudus, Jawa Tengah, 7-13 Desember.

Liliyana Natsir mengatakan Liga PB Djarum menjadi wadah para atlet untuk mengukur kemampuan setelah berlatih keras selama empat bulan. Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di nomor ganda campuran itu berharap atlet yang bertanding tetap mengerahkan performa terbaik, meski melawan rekan sesama klub.

“Liga PB Djarum bisa dijadikan acuan untuk evaluasi diri. Atlet bisa lihat kekurangannya, lalu mereka bisa memperbaiki agar nanti saat tanding setelah pandemi bisa lebih gemilang di kejuaraan dengan skala lebih besar, nasional maupun internasional,” kata atlet yang akrab disapa Butet itu.

Butet mengapresasi PB Djarum yang telah menunjukkan perhatian sangat besar dalam mengasah kualitas atlet muda, terutama ketika turnamen nasional dan internasional berhenti karena pandemi.

“Adanya kompetisi di masa pandemi ini menurut saya berdampak positif untuk atlit PB Djarum. Dengan adanya turnamen ini, adik-adik dapat kembali merasakan pertandingan dengan atmosfer kejuaraan,” Butet menjelaskan.

Ahsan, yang berpasangan dengan Hendra Setiawan, menganggap keikutsertaan atlet di kompetisi internal itu sebagai langkah penting untuk mendorong terjaganya intensitas latihan meski cukup lama tidak bertanding karena kondisi pandemi.

“Yang pasti harapan saya atlet muda bisa membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik dan juga lebih banyak muncul bibit-bibit yang potensial. Jadi, tetap berlatih yang keras dan jangan mudah menyerah dan jangan lupa berdoa,” tutur Ahsan melalui rilis resminya yang diterima di Jakarta, Jumat.
Turnamen Liga PB Djarum 2020 dipastikan akan berlangsung sengit, karena sederet atlet berbakat akan menantang seniornya yang sudah memiliki pengalaman lebih tinggi di Pelatnas seperti Ikhsan Leonardo Imanuel dan Nandini Putri Arumni.

Selain itu, ada pula atlet pelatnas PBSI pratama di antaranya Bobby Setiawan, Syabda Perkasa Belawa, dan Muh. Asqar Harianto pada sektor tunggal putra, lalu Komang Ayu Cahya Dewi, dan Bilqis Prasista di sektor tunggal putri.

Muhammad Rayhan Nur Fadillah, Rahmat Hidayat, Asghar Herfanda, dan Rian Cannavaro meramaikan sektor ganda putra, lalu Febi Setianingrum, Kelly Larissa dan Febby Valencia Dwijayanti Gani di sektor ganda putri.

Meski liga itu diadakan untuk menjaga daya kompetitif di masa pandemi, Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin yakin kompetisi tersebut akan memberi dampak positif yang bermanfaat bagi perkembangan kualitas atlet muda PB Djarum di masa mendatang. Seperti dilansir dari Siberindo.co

“Dengan adanya Liga PB Djarum para atlet akan mendapat atmosfer bertanding dari hasil latihan selama empat bulan terakhir. Jika liga ini bermanfaat bagi atlet, tidak menutup kemungkinan tahun depan bisa kami adakan lagi,” ujar Yoppy

 

Claudia SB