SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah mahasiswa semester lima program studi ilmu komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar webinar nasional dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah produksi konten digital pada Rabu ( 2/12).

Tema pada kegiatan tersebut “webinar sebagai sarana edukasi di era pandemi” dengan menghadirkan narasumber dosen sistem informasi FTIK USM Saiful Hadi MKom.

Sebelumnya para mahasiswa yang mengambil mata kuliah produksi konten digital yang terdiri dari 12 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 9- 10 mahasiswa juga menggelar berbagai webinar nasional tentang konten kreator traveling, public speaking, personal branding, broadcast dan lain-lain.

Menurut dosen kuliah produksi konten digital Ayang Fitriani MIkom mengatakan bahwa tujuan dari kegiaan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung terkait konten digital kreatif dan webinar.

“Selama ini mahasiswa hanya mengikuti webinar sebagai peserta, namun saat ini mereka harus membuta konsep webinar dari awal sampai akhir sesuai dengan tema yang diangkat” ungkap Ayang.

“Selain itu mahasiswa lebih mengetahui secara detail terkait dengan teknis pelaksanaan webinar sehingga mereka faham dan memiliki pengalaman akan hal-hal yang bersifat teknis, seperti bagaimana menjadi host, co host, dan pemanfaatn fiture yang ada” tambahnya.

Sementara menurut narasumber Saiful Hadi bahwa mahasiswa bisa menggelar kegiatan webinar dengan menghadirkan ratusan peserta dri berbagai daerah baik Jawa Tengah, Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat dan lain-lain.

“Kegiatan ini akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa terkait webinar, karena saat pandemi seperti ini semua kegiatan yang melibatkan kerumunan banyak sangat dibatasi sehingga webinar sebagai solusi untuk edukasi saat pandemi” ungkap Saiful.

SH-USM