blank
Aksi bagi masker dari anggota Forum Komunikasi Disabilitas Kudus. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sejumlah penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) menggelar aksi bagi-bagi masker kepada pengguna kendaraan di Jalan Sudirman.

Aksi tersebut sebagai upaya para difabel untuk ikut serta mengkampanyekan protokol kesehatan menekan penyebaran Covid-19.

Dalam aksi yang digelar tepat di trafic light depan Mapolsek Kota tersebut, mereka tak canggung untuk membagi-bagikan masker ke pengguna jalan.  Meski beberapa diantara mereka  harus menggunakan kursi roda dan kruk untuk menyerahkan masker ke pengendara yang lewat.

“Aksi ini kami gelar dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember,”kata Rismawan Yulianto, Ketua FKDK Kabupaten Kudus.

Rismawan menambahkan, aksi bagi masker ini juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian para penyandang disabilitas untuk ikut mengkampanyekan protokol kesehatan. Hal ini cukup beralasan mengingat pandemi Covid-19 saat ini masih terus terjadi.

“Ini sebagai upaya kami ikut melawan pandemi Covid-19 karena virus Corona memang nyata dan ada,”ujarnya.

Rismawan juga menambahkan, selain membagi masker, dalam aksi tersebut pihaknya juga menyerukan agar masyarakat terus disiplin menjalankan 3 M yakni menggunakan masker, mencuci  tangan dan menjaga jarak.

Dalam aksi tersebut, selain kelompok difabel, ikut berpartisipasi beberapa anak berkebutuhan khusus. Meski memiliki keterbatasan, namun para bocah penderita autisme tersebut tetap semangat ikut aksi bagi masker.

Disinggung soal peringatan Hari Disabilitas, kata Rismawan, pihaknya menuntut agar para pemangku kebijakan memberikan perhatian lebih kepada para kaum difabel. Menurutnya, kebijakan yang berpihak pada kaum difabel lebih dibutuhkan dibandikan belas kasihan semata.

“Kami hanya minta diberi ruang agar bisa berkreasi dan berkarya supaya bisa maju dan mandiri,”tambahnya.

Tm-Ab