blank

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Aplikasi E-Parlemen sangat penting mendukung mendukung kinerja DPR RI.

Demikian diutarkan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Rabu (2/12).

Menurut dia, E-Parlemen membuat DPR RI menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel, serta tetap produktif pada masa pandemi Covid-19.

“E-Parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR RI, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja parlemen Indonesia yang modern,” kata Azis.

Politisi Partai Golkar itu melanjutkan, penerapan E-Parlemen juga menunjang produktivitas DPR RI pada masa pandemi Covid-19.

Berbagai agenda rapat dan sidang-sidang di DPR RI kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian baru dan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang disiarkan langsung di laman resmi DPR.

Secara bertahap, kata Azis, DPR RI akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan. Hal ini akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR RI, pemerintah dan mitra kerja, serta masyarakat.

“Arahnya ke digitalisasi. Ada penghematan dan mengurangi penggunaan kertas, lebih ramah lingkungan, dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil-wakilnya,” ungkap Azis.

“Dengan E-Parlemen, semua bisa akses informasi tentang apa yang dibahas dan dikerjakan DPR RI, dan bisa langsung memberikan masukan. Jadi semuanya bisa lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan,” lanjut wakil rakyat dari daerah pemilihan Lampung II tersebut.

Selain itu, Azis menilai E-Parlemen juga penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas.

“E-Parlemen ini sekaligus mengedukasi kita semua untuk tidak kaku kepada teknologi yang merupakan tuntutan zaman,” ucapnya.

 

Claudia SB