blank

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-33 resmi dibuka Rabu (25/11/2020). Upacara pembukaan PIMNAS digelar di Balairung Universitas Gadjah Mada dan diikuti oleh peserta serta audiens secara daring.

Dalam sambutannya, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, MEng D, Eng IPU ASEAN Eng memberikan ucapan selamat bagi 625 tim mahasiswa dari 101 perguruan tinggi yang berhasil lolos ke PIMNAS setelah melalui serangkaian proses seleksi.

“Kalian adalah calon pemimpin bangsa yang kreatif dan inovatif. Tunjukkanlah kepada para juri bahwa kalian adalah pemuda-pemuda yang hebat dan pantas menjadi juara,” ucapnya.

PIMNAS merupakan forum pertemuan ilmiah dan pameran poster ide kreatif mahasiswa, yang menjadi puncak atau tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada tahun ini, UGM ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan PIMNAS yang dilangsungkan secara daring dan luring di tengah pandemi Covid-19.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan yang menjadi Ketua Panitia PIMNAS Ke-33, Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno M Agr menerangkan, pada tahun ini tim juri akan melakukan penilaian secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sementara peserta akan mengikuti seluruh kegiatan secara daring.

“Tahun 2020 merupakan pertama kali PIMNAS diadakan dengan format luring dan daring. Meski dalam kondisi pandemi, namun semangat dan semarak PIMNAS tahun ini tidak boleh padam,” kata Djagal.

Ia mengungkapkan, dari tahun ke tahun PIMNAS telah mewadahi karya-karya kreatif dan mencetak pemenang-pemenang yang berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat. Ia berharap PIMNAS tahun ini dapat mendorong terwujudnya karakter mahasiswa yang unggul, kreatif, inovatif, dan adaptif dalam menghadapi berbagai persoalan dunia.

“Selamat bertugas pada para panitia PIMNAS Ke-33 dan selamat bertanding untuk 625 tim PKM dari 101 perguruan tinggi di seluruh penjuru Indonesia,” ucapnya.

Program Kreativitas Mahasiswa sendiri terdiri atas beberapa bidang, yaitu PKM Penelitian (Eksakta dan Sosial Humaniora), PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Terapan Teknologi, PKM-Karsa Cipta, PKM Gagasan Tertulis, serta PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Meski diselenggarakan di tengah pandemi, Program Kreativitas Mahasiswa pada tahun ini tetap mendapat respons baik dari mahasiswa, dengan jumlah proposal yang masuk mencapai 65 ribu proposal.

“Pandemi Covid-19 tidak menyebabkan anak bangsa menjadi kendur. Tahun ini ada 65 ribu proposal dari sekitar seribu perguruan tinggi yang mengunggah proposal. Dari jumlah itu, ada 5.783 yang didanai untuk pelaksanaannya,” terang Ketua Tim Juri PIMNAS Ke-33, Dr Med Dr Indwiani Astuti.

Lebih lanjut ia menerangkan, jumlah proposal PKM yang masuk dari tahun ke tahun mengalami tren peningkatan. Untuk PKM 5 Bidang, jumlah proposal mengalami peningkatan dari 45.103 di tahun 2019 menjadi 57.723 pada tahun ini. Sementara itu untuk PKM KT/GFK terjadi peningkatan dari jumlah 6.606 di tahun 2019 menjadi 7.063 di tahun 2020.

“Hampir seluruh perguruan tinggi mulai sadar bahwa PKM merupakan pembelajaran yang sesuai dengan konsep merdeka belajar, karena mahasiswa bisa mempelajari apa pun sehingga mereka tidak terkungkung,” kata Indwiani.

Pada upacara pembukaan ini, dilakukan seremoni penyerahan piala bergilir Adikarta Kertawidya dari UGM selaku juara umum PIMNAS tahun 2019 kepada tim juri. Piala ini nantinya akan diserahkan kepada juara umum PIMNAS Ke-33 pada upacara penutupan yang dilangsungkan pada tanggal 28 November mendatang.

 

Claudia SB