blank
Tim Pendisiplinan Pencegahan Penularan Covid-19 melaksanakan operasi giat terpadu penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sesuai Perbup No 68/ 2020 di kawasan Alun-alun Kebumen.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Masyarakat Kebumen tak boleh lengah dan diimbau terus mematuhi protokol kesehatan. Sebab kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih tinggi. Pada Senin (16/11) ada penambahan positif corona sebanyak 42 orang dan Kabupaten Kebumen masih zona merah.

Menurut keterangan Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokroaminoto, pada Senin (16/11) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 42 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi positif tersebut, merupakan kontak erat dari kasus terkonfir terdahulu.

Sedangkan kasus terkonfirmasi positif yang sembuh pada hari yang sama ada dua orang, atas nama pasien  AW (5) perempuan, dan TW (51), perempuan.

Dengan demikian sampai Senin (16/11) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  1.691orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi, dirawat 110 orang, menjalani isolasi 249 orang, dirujuk 4 orang, meninggal dunia 58 orang dan sembuh 1.270 orang.

Menyingung Peta Zonasi Risiko Covid-19, Cokroaminoto mengungkapkan, berdasarkan update Zonasi 14-11-2020 per kabupaten, kecamatan dan desa,  Kabupaten kebumen masuk dalam zona merah di antara kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Sementara itu, di tingkat Kabupaten terdapat 1 kecamatan zona merah,13 kecamatan zona oranye,10 kecamatan zona kuning dan 2 kecamatan zona hijau. Kecamatan zona merah ada di Karanganyar.

Sedangkan kecamatan zona oranye meliputi Kecamatan Sadang, Padureso, Poncowarno, Kutowinangun, Mirit, Ambal, Kebumen,Pejagoan,Sruweng, Adimulyo, Puring, Ayah dan kutowinangun.

Adapun desa zona merah ada lima desa, yaitu Desa Sadang Kulon Kecamatan Sadang, Desa Karanggayam, Kelurahan Kebumen, Desa Tukinggedong Puring, Desa Karangduwur Petanahan dan Desa Sidomukti Ambal.

Komper Wardopo