blank
Bupati Demak bersama Dandim 0716 dan Kapolres Demak, turut membersihkan sampah yang menghambat aliran Sungai Tuntang. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Semenjak pandemi covid-19 menerjang Indonesia pada Maret lalu, kondisi Taman Kali Tuntang Demak kurang terurus. Banyak sampah terserak dan tumbuhan liar yang bertambah rimbun.

Dan selama itu pula, taman di sepanjang Kali Tuntang sebagai ruang publik pun, tertutup untuk umum. Hal ini untuk menghindari kerumunan massa, agar tidak terjadi penyebaran covid-19.

Namun di masa adaptasi kebiasaan baru, Pemerintah Kabupaten Demak bersama TNI/Polri, melakukan pembersihan bersama yang dilakukan pada Selasa (3/11/2020).

BACA JUGA : Kunjungi Pengungsi di Banyumas, Ganjar Minta Kades Terapkan Protokol Kesehatan

Aksi bersih-bersih kali dan taman ini, diawali dengan apel bersama dipimpin Bupati HM Natsir. Turut hadir unsur Forkopimda, Dandim 0716 Letkol Arh M Ufiz, dan Kapolres AKBP Andhika Bayu Adittama.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, pihaknya mengapresiasi dengan adanya kegiatan kerja bakti bersama lintas OPD. Menurutnya, ini merupakan wujud cinta dan rasa peduli terhadap Kabupaten Demak, sehingga menjadikan Demak terlihat bersih, cantik dan indah.

”Selama pandemi covid-19 menyebar, Wisata Kali Tuntang sudah lama ditutup atau sejak Maret 2020. Sehingga mengakibatkan terbengkalainya lokasi ini, dan banyak ditumbuhi tanaman liar serta terkesan kumuh.” Kata Bupati.

Ditambahkan dia, dengan kegiatan ini diharapkan Taman Kali Tuntang menjadi bersih dan tertata, serta dapat kembali dikunjungi warga, sesuai fungsinya yakni ruang publik.

blank
Taman dan Sungai Tuntang yang terlihat bersih, setelah dibersihkan dalam kegiatan kerja bhakti bersama ASN Pemkab Demak. Foto: rudy

Nyaman Berkunjung
”Jika kerja bakti ini rutin dilakukan, tidak hanya masyarakat Kabupaten Demak saja yang merasa senang. Namun para wisatawan juga merasa nyaman berkunjung di Kabupaten Demak,” ungkapnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih ini, terlihat Bupati bersama Dandim dan Kapolres, turut membersihkan sungai dengan menarik sampah yang menghambat aliran. Ikut pula dalam aksi bersih-bersih, Wakil Bupati Joko Sutanto, Asisten Administrasi Hadi Waluyo.

Sementara itu, Warga Kauman Utara yang rumahnya berdekatan dengan Taman Kali Tuntang, Titin Wahyuni, mengaku senang dengan gerakan bersih-bersih yang dilakukan ASN Pemkab Demak.

”Kalau sudah dibersihkan, kami berharap akan ada yang datang untuk berwisata, seperti awal saat sebelum pandemi” harap dia.

Rudy-Riyan