blank
Anggota regu patroli bersenjata Polres Blora, melakukan pengamanan di ATM bank umum, untuk mencegah terjadinya aksi kriminal. Foto: SB/ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Blora, pada libur panjang akhir pekan ini, selalu ramai dikujungi warga. Bahkan beberapa gerai ATM milik bank-bank umum terjadi antrean panjang.

”Ramai ya ATM-nya, ini saya antre nunggu beberapa orang sudah sekitar 20-an menit,” beber Novi (20), warga Kelurahan Kunden, Kota Blora, seorang mahasiswi perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya, Jumat (30/11/2020).

Mulyono (57), warga Blora yang kini berdomisili di Tangerang, Jabar mengaku, sempat antre lama hanya untuk menarik uang tunai dari salah satu ATM bank umum milik pemerintah (BUMN).

BACA JUGA : Patroli Hutan, Polhutmob Mantingan Sita 10 Batang Jati dan 8 Motor

”Harus sabar, tadi saya antre sekitar 22 menitan. Maklum ini libur panjang dan banyak yang pulang kampung,” ungkap guru SMP Negeri di Tangerang ini.

Sedangkan Herdiena (36), warga Kecamatan Jepon, Blora, dan kini menetap di Jakarta, baru saja tuntas menarik duit dari ATM di salah satu bank swasta di Jalan Pemuda, Kota Blora. Sebelumnya dia juga harus antre berjubel menunggu giliran.

”Lebaran kemarin saya dan keluarga dilarang pulang kampung ke Blora, ini baru ada kesempatan bertemu keluarga, ternyata ramai dan ATM tampak sibuk,” beber ibu dua anak itu.

Melihat transaksi di gerai-gerai ATM sibuk bahkan banyak antrean, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK MHum, memerintahkan jajarannya agar lebih intensif berpatroli, memantau fasilitas umum dan gerai ATM di wilayah masing-masing.

blank
Polres Blora menerjunkan regu patroli bersenjata di gerai-gerai ATM, pusat perbelanjaan, aset vital dan pemusatan massa, dengan imbauan protokol kesehatan. Foto: SB/Wahono

Aman dan Nyaman
”Selain tempat wisata dan pusat keramaian, gerai-gerai ATM jadi sasaran patroli cegah dini aksi kriminal,” kata mantan Kapolres Solok, Sumatera Barat ini.

Menurut alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang 1999 itu, jalan raya dan aktivitas tempat wisata maupun pusat perbelanjaan di Kota Blora meningkat, seiring momen libur panjang kali ini.

Untuk memberi rasa aman dan nyaman warga saat libur panjang ini, lanjut AKBP Ferry, pihaknya bersinergi dengan Kodim dan petugas terkait di Pemkab Blora, untuk meningkatkan pengamanan dan patroli bersenjata di berbagai lokasi, mulai Senin (26/10/2020) malam.

”Kami menjaga liburan panjang ini agar tetap aman dan lancar, dari gangguan Kamtibmas maupun ancaman penularan covid-19,” terang Kapolres Blora ini.

Patroli dengan menyambangi ATM, aset vital dan lokasi pemusatan massa, dilakukan seluruh jajaran Polsek di Polres Blora pada 16 kecamatan, dengan harapan tidak terjadi tindak kriminalitas.

Wahono-Riyan