blank
Wali Kota Sigit Widyonindito meninjau salah satu RW di Kelurahan Kramat Selatan, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Warga Kelurahan Kramat Selatan mengandalkan kearifan lokal untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Yaitu melalui Satgas Jogo Tonggo yang telah terbentuk di 11 RW di kelurahan itu. Satgas tersebut mampu menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

‘’Kramat Selatan terdiri  11 RW dan 61 RT. Untuk embrio Satgas Jogo Tonggo sebenarnya telah terbentuk sejak awal pandemi sekitar Maret lalu. Yang membuat bangga warga  senantiasa kompak dan disiplin,’’ kata Lurah Kramat Selatan Edi Priyambudi saat Wali Kota Sigit Widyonindito berkunjung ke wilayah itu, kemarin.

Dia menerangkan, salah satu kearifan lokal di Kramat Selatan adalah pembentukan Lumbung Siaga Jogo Tonggo, untuk membantu meringankan permasalahan ekonomi masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Lumbung Siaga Jogo Tonggo dilaksanakan dengan semangat gotong-royong membantu masyarakat, khususnya yang terdampak Covid-19. Konsepnya hampir sama dengan lumbung zaman dulu, hanya bedanya bahan makanan pokok yang sudah terkumpul langsung dibagikan.

Upaya yang ditempuh warga Kramat Selatan inipun mendapat sanjungan dari orang nomor satu di Kota Magelang Sigit Widyonindito.  Dia terjun ke lapangan untuk memberikan motivasi, mengecek situasi dan kondisi masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

‘’Mlaku-mlaku Tilik Kampung ini dalam rangka menyerap aspirasi di tengah masyarakat. Sudah kita kelilingi wilayah ini juga turut disalurkan bantuan sembako bagi warga yang terkena dampak pandemi Covid-19,’’ kata Sigit.

 

blank
Meninjau kebersihan lingkungan, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

Menurutnya, pihaknya sengaja menyalurkan bantuan dengan mendatangi secara langsung rumah-rumah warga. Upaya ini dilakukan agar penyaluran bantuan benar-benar tepat sasaran.

‘’Ada 100 paket tadi sudah disalurkan sembari berkeliling. Karena cara ini lebih efektif sekaligus menjaga jarak daripada mengumpulkan warga dalam satu tempat,’’ terangnya.

Dia meminta warganya untuk bersabar di masa sulit akibat pandemi ini. Kedatangannya di tengah-tengah warga, dalam rangka membangkitkan semangat masyarakat agar senantiasa berusaha bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19.

‘’Semoga sealu diberikan kesabaran dan tetep semangat. Yang penting sehat. Pemerintah begitu serius menangani pandemi ini, buktinya Kota Magelang sekarang menduduki peringkat kedua terendah se-Jawa Tengah. Artinya, strategi yang kita terapkan ini sudah baik,’’ tuturnya.

Sigit juga berkali-kali menyanjung warga Kramat Selatan yang terus kreatif. Selain itu, masyarakat setempat dinilai piawai dalam menata lingkungan yang bersih, sampai rasa kebersamaan yang dianggap masih begitu solid.

‘’Pertahankan hal yang sudah baik ini, dan terus dikembangkan ke depannya. Insya Allah dengan disiplin, patuh dan kekompakan menjalani protokol kesehatan, kita akan keluar dari musibah ini,’’ harapnya.

Penulis : prokompim/kotamgl

Editor   : Doddy Ardjono