blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasatlantas AKP Sugiyanto memantau seorang anggota polisi melakukan latihan aman berkendara di halaman Mapolres Selasa 20/10.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Untuk meningkatkan disiplin dan menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anggota Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri, SatLantas Polres Kebumen Selasa(20/10) menggelar Pelatihan Safety Riding di halaman Mapolres Kebumen.

Safety Riding merupakan cara berkendaraan yang aman dan nyaman baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain, sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Kegiatan tersebut dipimpin dan dipantau langsung Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampiingi Kasat Lanta AKP Sugiyanto.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasatlantas AKP Sugiyanto memimpin pelatihan safety riding atau cara aman berkendara bagi polisi dan ASN Polres.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen mengungkapkan, pelatihan safety riding dilaksanakan guna meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban anggota Polri dalam berlalu lintas demi terwujudnya keselamatan di jalan raya.”Kegiatan safety riding ini guna meningkatkan kedisiplinan anggota Polri dan ASN Polres Kebumen saat berkendara di jalan raya,”ujar Kapolres.

Selain itu kegiatan ini sebagai upaya untuk menekan jumlah kecelakaan lalulintas. Pelatihan ini diikuti dari perwakilan satuan fungsi dan Polsek jajaran Polres Kebumen, semua mendapat pelatihan mulai teori hingga praktik lapangan.

”Selain teori seluruh peserta pelatihan wajib mengikuti praktek lapangan baik tentang perawatan, mengendarai, cara pengereman, cara menghindar, berkendara zig-zag dan menjaga keseimbangan”, jelas Kasat Lantas AKP Sugiyanto.

blank
Anggota Polres Kebumen praktek berkendara aman di halaman Mapolres dipantau langsung Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan.(Foto:SB/Ist)

Kasat Lantas menyebutkan, pelatihan safety riding ini merupakan salah satu komitmen Polri untuk selalu membenahi diri dalam memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas mulai dari diri sendiri.

“Dengan diadakan pelatihan tersebut nantinya anggota diharapkan semakin terampil dan paham akan berkendara yang baik dan benar sehingga mampu mewujudkan keselamatan dalam berkendara di jalan raya,”imbuh Kasatlantas.

Rencananya kegiatan safety riding ini akan dilakasanakan secaran rutin dan nantinya seluruh anggota Polri dan ASN Polres Kebumen melaksanakan latihan ini. Sebagai penegak hukum sekaligus pelindung dan pengayom masyarakat, Polri dan ASN Polres perlu terus menciptakan rasa aman berkendara agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk tertib berlalu-lintas.

Komper Wardopo