blank
Tenaga medis dari Dinkes Kabupaten Wonogiri, melakukan tugas mengambil sampel lendir dari lubang hidung. Ini dilakukan ketika Kapolres AKBP Christian Tobing (kanan), menjalani tes swab.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menginstruksikan kepada seluruh personil Polres dan jajaran, untuk melakukan tes swab atau rapid test.

Berkaitan ini, Rabu (14/10), Kapolres telah mengawalinya menjalani tes swab di Makodim 0728 Wonogiri. Tes swab pada diri Kapolres, dilakukan oleh tim tenaga kesehatan (Nakes) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri pimpinan Kepala Dinkes setempat, Dokter Adhi Dharma. Itu dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan rapid test kepada para prajurit TNI-AD di jajaran Kodim 0728 Wonogiri.

Kapolres Wonogiri melalui Kasubah Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, Kamis (15/10), menyatakan, tujuan dilakukannya rapid tes dan swab test untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Utamanya di internal Polres Wonogiri maupun di Polsek se jajaran.

blank
Kapolres AKBP Christian Tobing (berdiri kanan) antre menunggu giliran untuk menjalani tes swab di Makodim 0728 Wonogiri, bersamaan dengan rapid test yang dilakukan kepada para prajurit.


Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, mengatakan, tes swab rencananya akan dilaksanakan pula bagi para personel pengemban tugas pelayanan publik. Karena keberadaan mereka menjadi personel kepolisian yang berada di garda terdepan, dalam memberikan pelayanan kepolisian, yang senantiasa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.

Tes swab, dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing personel. Diharapkan, para personel yang bertugas memberikan pelayanan publik, dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19. Hal ini penting untuk diwujudkan, demi menghindarkan ancaman kemunculan klaster baru di lingkup perkantoran pelayanan publik.

Bambang Pur