blank
Erwin bersama Kepala SMAN 1 Jepara, Udik Agus DW dan guru pembimbingnya

JEPARA(SUARABARU.ID) – Setelah dua orang gurunya  Agustus  lalu mendapatan penghargaan  Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE) 2020-2021,  kini seorang siswa SMAN 1 Jepara bernama Ahmad Erwin Darbi Syah memenangkan Juara 1 Olimpiade Bahasa Perancis (OBP) Tingkat Nasional. Ia dinyatakan menjadi yang terbaik pada babak final yang diselenggarakan melalui tatap maya, Kamis (8/10/2020).

blank
Ahmad Erwin Darbi Syahm Juara Olimpiade Bahasa Prancis Tingkat Nasional

Olimpiade ini diselenggarakan Institut Francise d’Indonesie (IFI) atau Lembaga Bahasa dan Budaya Perancis Kedutaan Prancis di Jakarta. Atas keberhasilan ini, Erwin  yang saat ini duduk dibangku kelas XI– MIPA berhak atas hadiah kursus dua minggu di Prancis bersama 1 guru pendampingnya. Sedangkan guru pembimbing Erwin adalah Esti Hargorini, S.Pd. dan Yusmanto, S.Pd.

Menurut Kepala SMAN 1 Jepara, Udik Agus Dwi Wahyudi, M.Pd., final yang diikuti 8 finalis berlangsung dalam dua tahap. Pada final tahap 1 setiap finalis harus menjawab 20 pertanyaan melalui aplikasi Quizziz seputar kebudayaan Prancis dan materi buku Mystère sur le Vieux-Port karya Pascale Paoli. Tiga finalis terbaik lolos tahap 2.

blank
Erwin saaat mengikuti babak final melalui tatap maya

Hasil final tahap 1 menempatkan Erwin sebagai pemenang sehingga berhak memilih juri tahap 2. Erwin memilih Philippe Grangé, juri dari IFI Jakarta. Praktis juri lainnya, Coline dan Philomène dari IFI Jakarta dan atase kebudayaan Prancis, menjadi juri bagi dua finalis lainnya.

Saat final tahap 2, Philippe menanyakan kepada Erwin hal apa yang membuatnya tertarik belajar bahasa Prancis, termasuk kesulitan-kesulitannya. Phillippe juga meminta untuk menceritakan tokoh terkenal dari Prancis.

Dari tayangan wawancara final tahap 2 yang juga disiarkan langsung melalui Youtube, tampak Erwin menjawab dengan lancar, dengan pengucapan dan penguasaan grammaire yang baik. Hal ini tampaknya yang membuat juri memutuskan Erwin sebagai pemenang pertama saat pengumuman sore harinya.

Keberhasilan Erwin menuju final diawali dari karya video kreatif tentang voyage (travelling) yang dibuatnya. Sebanyak 24 dari total 660 karya video akan diperebutkan oleh 3 besar peserta dari masing-masing wilayah. Wilayah Jawa Tengah dan DIY meloloskan 3 wakilnya, yaitu SMAN 1 Surakarta, SMAN 6 Yogya dan Erwin dari SMAN 1 Jepara ke babak semi final. Erwin kemudian berhasil menjadi wakil wilayah untuk maju babak final saat pengumuman 21 September 2020.

Atas prestasi yang diraih oleh Ahmad Erwin Darbi Syah, Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi, M.Pd. berharap dapat  menjadi pemantik semangat para siswa untuk belajar lebih giat dan berprestasi.

Pada awal Agustus lalu dua guru SMAN 1 Jepara,   M. Elfin Noor, S. Kom.,M.Pd. dan Ninok Eyiz Sumianingrum, S.Kom., M.Pd,. terpilih menjadi Microsoft Innovative Educator Expert. Penghargaan ini merupakan pengakuan dari Microsoft Education atas performa luar biasa kedua guru dalam mengajar dan belajar. 

Hadepe – ua