blank
Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana MAN Insan Cendekia Pekalongan, Tapsirudin, melakukan foto bersama dengan Rektor Unwahas Prof Dr H Mahmutarom SH MH, didampingi Prof Dr H Andi Purwono SIP MSi. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), menerima kunjungan rombongan tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Pekalongan, Kamis (8/10/2020).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana MAN Insan Cendekia Pekalongan, Tapsirudin menjelaskan, kegiatan di Kampus I Unwahas Jalan Menoreh, Sampangan, Semarang ini, dalam rangka studi banding ke Laboratorium Terpadu Fakultas Farmasi dan Teknik, serta Pusat Halal Unwahas.

Rombongan diterima Rektor Prof Dr H Mahmutarom SH MH didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof Dr H Andi Purwono SIP MSi serta Sekretaris Pusat Halal Rita Dwi Ratnani ST MEng, Dekan Fakultas Farmasi Apoteker Agnes Budiarti SFar MSi dan Dekan Fakultas Teknik Dr Sri Bondan Respati ST MEng.

BACA JUGA : Mahasiswa Baru Unissula Bersholawat Bersama Habib Umar dan Habib Bidin

Tafsirudin mengatakan, kegiatan studi banding ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di MAN Insan Cendekia, terkait pembentukan beberapa laboratorium, seperti Laboratorium Fiqh dan Laboratorium Halal.

”Unwahas dipilih menjadi lokasi studi banding, karena dinilai menunjukkan perkembangan pesat di dunia pendidikan tinggi, dan memiliki laboratorium yang lengkap dan Pusat Halal yang unggul. Kami berharap kerja Sama ini bisa ditingkatkan dan dipayungi dengan Nota Kesepahaman (MoU),” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pusat Halal Unwahas, Dr Rita memaparkan sejarah pembentukan, kegiatan, dan kekuatan lembaganya, sejak dibentuk pada 2013. Kekuatan itu terlihat dari aspek sumber daya manusia yang cukup melimpah di Unwahas, mulai dari ulama, ahli hukum ekonomi syariah, ahli biologi dan kesehatan, auditor halal, hingga pakar kefarmasian dan teknik kimia.

Dekan Farmasi Agnes Budiarti menambahkan, kelengkapan alat dan laboratorium juga menjadi keunggulan Pusat Halal Unwahas, karena juga didukung Laboratorium Terpadu Fakultas Farmasi dan Laboratorium Teknik Kimia.

Secara terpisah, Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang Prof Dr KH Noor Achmad MA menyampaikan apresiasinya, sekaligus dorongan agar Pusat Halal Unwahas terus mampu berkontribusi maksimal dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

blank
Usai pertemuan, kedua belah pihak melakukan tukar menukar kenang-kenangan. Foto: dok/ist

Transformasi
Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat itu juga berharap, agar Pusat Halal Unwahas bisa meningkatkan kerja sama dengan lembaga eksternal terkait di skala regional, Nasional, dan internasional.

Menurutnya, ke depan Pusat Halal Unwahas diharapkan untuk bertransformasi menjadi Lembaga Penjamin Halal, di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama sebagaimana amanat undang- undang.

Setelah diskusi dan ramah tamah, studi banding diakhiri dengan kunjungan ke Laboratorium Farmasi, Kimia, dan Mikrobiologi. Beberapa alat uji mutakhir juga diperlihatkan, seperti Uji Alkohol dengan alat GCMS (Gas Chromatografy Mass Spectrometry) dan HPLC.

Saat menyambangi Pusat Halal Unwahas disampaikan pula, bahwa telah dilakukan MoU dengan LPPOM MUI Pusat, Seminar Nasional tentang Pangan dan Kosmetika Halal, Peresmian Laboratorium Terpadu oleh Menristek Prof Dr M Nuh saat itu. Kemudian melakukan studi banding ke Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, hingga Uji Kandungan Babi dari sampel produk banyak perusahaan.

Hadir dalam acara itu, Prof Dr KH Mudzakkir Ali MA (Direktur Pascasarjana), Dr KH Syaifudin Lc MAg (Direktur Aswaja Center dan Pesantren Mahasiswa) serta para pejabat di lingkungan Unwahas.

Riyan-Sol