Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo Polsek Tunjungan, Blora, Aiptu Sistiyono, saat mengunjungi peternak jangkrik yang ada di wilayah binaannya. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Sebagai salah satu wujud dukungan sekaligus untuk mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah desa binaan, Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo Polsek Tunjungan, Blora, Aiptu Sistiyono, menyambangi peternak jangkrik, Kamis (1/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada peternak jangkrik di wilayah RT 05/03 Desa Sukorejo. Aiptu Sistiyono mengungkapkan, dirinya selaku Bhabinkamtibmas selalu aktif turun ke desa binaan, untuk memantau perkembangan situasi serta kerawanan daerah yang mungkin terjadi.

”Kegiatan ini kita lakukan untuk memantau perkembangan wilayah. Selain itu kita juga membaur bersama warga, untuk memberikan dukungan, jika warga mempunyai program ataupun terobosan yang bisa membawa manfaat bagi sesama,” kata Sistiyono.

BACA JUGA : Kapolres Blora Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian Anggota

Menurut dia, ternak jangkrik yang dilakukan warga binaannya terbilang menarik dan hasilnya pun lumayan untuk menambah penghasilan warga. Perawatan terbilang mudah dan pemasarannya pun juga tidak sulit.

Pakan jangkrik bisa didapat dari alam, berupa daun-daunan, dan jika waktunya panen, penjualannya pun mudah. Karena sudah ada pelanggan yang membeli. Ada pun konsumsi jangkrik kebanyakan masuk sebagai pakan burung berkicau.

Aiptu Sistiyono menambahkan, jika ditemukan kendala dalam beternak jangkrik pihaknya siap membantu warga untuk memfasilitasi menemukan solusi, tentunya bersama dengan dinas terkait.

Aiptu Sistiyono saat memperhatikan hasil ternak jangkrik milik salah satu peternak. Foto: wahono

Lebih Dekat
Sinung, Salah satu peternak jangkrik setempat, mengaku senang dengan dukungan dari Bhabinkamtibmas. Dirinya merasa lebih tenang, dengan kehadiran Bhabinkamtibmas yang siap membantu jika ditemukan kendala.

”Kami senang dengan kehadiran Bhabinkamtibmas, dan lebih semangat lagi karena adanya dukungan,” tutur Sinung.

Terpisah, Kapolsek Tunjungan AKP Budiyono SH membeberkan, pihaknya selalu mendorong anggotanya, terutama Bhabinkamtibmas, untuk selalu aktif membaur bersama warga. Sehingga bisa mengetahui perkembangan situasi, serta bisa lebih dekat dengan masyarakat hingga lapisan bawah.

”Jika kita dekat dengan masyarakat, maka untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, akan lebih mudah. Tentunya jika warga ikut aktif dan kooperatif,” beber Kapolsek Tunjungan.

Wahono-Riyan