blank
Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo dan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan M Aziz Wijaya ketika belanja di Toserba Dharma Praja. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Toko Serba Ada (Toserba) Dharma Praja yang dikelola Koperasi Pengawai Republik Indonesia (KPRI) Dharma Praja bekerjasama dengan PT Indogrosir, dilaunching Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, Selasa (29/9).

Launching Dharma Praja Mart yang beralamat di Jl Purnamasari No 04 atau sebelah Timur Gedung Sekda setempat tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita di depan pintu masuk oleh orang nomer dua di Wonosobo itu.

Hadir menyaksikan acara launching Ketua KPRI Dharma Praja Retnoningsing, Ketua PKPRI Rohmadi, Asisten Sekda Bidang Pembangunan Sumaedi, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan M Aziz Wijaya dan perwakilan PT Indogrosir.

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo menyampaikan selamat dan sukses atas dibukanya Toserba Dharma Praja. Mudaha-mudahah unit usaha KPRI Dharma Praja ini semakin maju dan berkembang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Toserba Dharma Praja, selain menjual kebutuhan rumah tangga yang distok PT Indogrosir, juga harus menyediakan jajanan khas produk UMKM Wonosobo. Karena banyak sekali produk oleh-oleh lokal yang layak dijual di mini market,” katanya.

blank
Ketua KPRI Dharma Praja Wonosobo, Retnoningsih. (Foto : SB/Muharno Zarka)

806 Anggota

Ketua KPRI Dharma Praja Retnoningsih menambahkan koperasi yang dipimpinnya kini mempunyai 806 anggota. Mereka merupakan ASN dan karyawan yang bekerja di lingkungan Pemkab Wonosobo.

“Ini merupakan pengembangan unit usaha yang sudah ada. Selain simpan pinjam, usaha foto copy, KPRI sejak dulu sudah punya usaha pertokoan, meski dengan skala kecil guna memenuhi kebutuhan rumah tangga anggota,” ujar dia.

Melalui kemitraan dengan PT Indogrosir, sambungnya, pertokoan kecil tersebut lalu dikembangkan menjadi mini market atau toko serba ada (Toserba). KPRI mensiapkan tempat dan karyawan, sedang PT Indogrosir menyediakan barang yang akan dijual.

“Ke depan, sesuai harapan Wakil Bupati Wonosobo, Toserba Dharma Praja juga akan menyediakan jajanan khas asli setempat. Ini sebagai upaya ikut membantu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM lokal,” ujar mantan Direktur Umum PDAM Tirta Aji Wonosobo itu.

Usai launching, tamu undangan diberi voucher belanja gratis Rp 100 ribu. Diharapkan setiap ASN anggota KPRI juga bisa belanja di Toserba Dharma Praja sehingga ikut menaikan omzet usaha.

Muharno Zarka-mm