blank
Para Guru Penggerak Digital (GPD) Sekolah Nasima sedang mengikuti pelatihan Microsoft Office 365, untuk pembelajaran bersama mentor dari Microsoft Indonesia, David Raditya ST duduk berhadapan dengan peserta. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perusahaan raksasa Microsoft menunjuk Sekolah Nasima Semarang menjadi ‘The Incubator School in Microsoft Showcase School Program’. Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima, Dr Indarti MPd menjelaskan, penunjukkan Microsoft ini melalui surat elektronik, Senin (21/9/2020).

Menurut dia, dengan penunjukkan ini menyatakan Nasima sebagai sekolah yang mengelola KB, TK, SD, SMP, dan SMA dipercaya Microsoft untuk terlibat bersama sekolah-sekolah di dunia, untuk memperdalam dan memperluas transformasi pendidikan dalam suatu kerangka kerja yang sistemik serta holistik.

Salah satunya, memanfaatkan secara maksimal platform Microsoft for Education dalam sistem pendidikan, yang memberdayakan segala potensi sekolah dan berwawasan global.

BACA JUGA : Kajari Ajak Pemuda Pancasila Bersinergi

Menurut situs Microsoft, pada tahun 2020-2021 terdapat 300 sekolah di seluruh dunia yang terlibat dalam program ini. Dua di antaranya ada di Indonesia, yaitu Sekolah Nasima Semarang dan Sekolah Pelita Harapan Tangerang.

”Alhamdulillah, Sekolah Nasima dipercaya Microsoft untuk menjadi bagian dari gerakan transformasi pendidikan global. Semoga kesempatan ini membawa manfaat bagi Sekolah Nasima dan dunia pendidikan Indonesia pada umumnya,” kata Indarti dalam keterangannya di Semarang, Selasa (22/9/2020).

Menurutnya, sekolah Nasima menjalin kerja sama dengan Microsoft pada Desember 2019. Kerja sama itu dijalin sebagai langkah untuk mempercepat program Sekolah Nasima Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Transformasi
Bentuk kerja sama antara lain pemberian lisensi perangkat lunak Microsoft Office 365, khusus untuk pembelajaran. Selain itu juga, berupa pelatihan guru agar mampu melakukan transformasi menuju sistem pendidikan digital serta mengaplikasikan platform Microsoft for Education.

Karakter pembelajar dan inovasi para pendidik Sekolah Nasima selama masa pembelajaran daring pun, diakui Senior Manager of Education Program PT Microsoft Indonesia, Obert Hoesianto ST.

”Kecepatan mengeksplore dan memanfaatkan Microsoft Office 365 oleh guru-guru Nasima sangat luar biasa. Tentunya berkat dorongan dan fasilitasi dari yayasan maupun pimpinan di Sekolah Nasima,” terang Obert.

Riyan-Sol