blank
Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri bekerjasama dengan Klinik Medika, melakukan Baksos khitanan gratis bagi yatim piatu dan anak dari keluarga tidak mampu.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menyongsong peringatan HUT Ke 75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), jajaran Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, mengadakan bakti sosial (Baksos) pelayanan khitan gratis.

Danramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Arm) Yadiman, menyatakan, Baksos di tengah pandemi Covid-19 ini, merupakan bentuk kepedulian kepada warga masyarakat, dalam memantapkan kemanunggal TNI dengan rakyat. Utamanya, bagi keluarga tidak mampu dan para anak yatim piatu.

Untuk teknis pelaksanaan khitan, Koramil-22 Slogohimo menggandeng tenaga kesehatan (Nakes) dari Poliklinik di Kelurahan Karang, Kecamatan Slogohimo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Koramil-22 Slogohimo Serda Suherman dan Koptu Awaludin, Petugas Poliklinik Medika Sadiko, Kepala Desa (Kades) Wisnu.

Penyerahan KIS
Sementara itu dari Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan telah digelar sosialisasi dan penyerahan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Keluarga Indonesia Sehat (KIS) dan penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020.

blank
Pelayanan khitan gratis digelar oleh Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri. Ini dilakukan dalam Baksos bekerjasama dengan Klinik Medika.

Acara ini, digelar di halaman Kantor Desa Ronggojati, Kecamatan Batuwarno (50 Kilometer arah tenggara Ibukota Kabupaten Wonogiri).
Hadir dalam acara ini, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kepala BPJS Wonogiri, Hariyatni, Kepala Dinas Sosial, Kurnia Listyarini, Kepala Badan Pertanahan Wonogiri.

Juga hadir Camat Batuwarno, Khrisma Eko Sutiyono, Danramil-06 Batuwarno Kapten (Inf) Budi Raharjo, Kapolsek Batuwarno, Iptu Rudi Sujatmiko, para Kades dan Lurah, bersama para Ketua RT dan Ketua RW, perwakilan penerima JKN-KIS dan perwakilan penerima sertifikat PTSL.

Juara Lunas PBB
Camat Batuwarno, Kharisma Eko Sutiyono, menyatakan, Desa Ronggojati berprestasi meraih juara I pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Tahun 2020, ada 689 KK warga Kecamatan Batuwarno yang menerima JKN-KIS. Ada 6 desa dan 1 kelurahan yang mengikuti progaram PTSL, dengan jumlah sebanyak 1.325.

blank
Para Kades dan Lurah se Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, ikut hadir dalam penyerahan KIS dan sertifikat program PTSL.

Bupati Joko Sutopo, menyebutkan, masyarakat sangat membutuhkan perhatian, utamanya dalam hal pelayanan kesehatan. ”Pemberian KIS kepada masyarakat, itu merupakan wujud hadirnya negara bagi masyarakat yang membutuhkannya,” jelas Bupati sembari menambahkan bahwa Wonogiri saat ini masuk kategori zona kuning Covid-19 dengan jumlah terpaparan corona paling rendah di wilayah Surakarta.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Bupati, menyerukan kepada warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Yakni memakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, tidak bersentuhan dan berkerumun. Semua ini, demi memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona.

Bambang Pur