blank
Ganjar Pranowo saat memberikan sambutannya pada puncak peringatan Haornas ke-37, di GOR Pesantenan Kabupaten Pati, Rabu (9/9/2020) malam. Foto: dok/ist

PATI (SUARABARU.ID)– Atlet panjat tebing dunia asal Kabupaten Grobogan, Aries Susanti Rahayu, mendapat penghargaan khusus berupa Haornas Award dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, atas prestasinya yang sangat spesial.

blank
Amir Machmud NS, wartawan SUARABARU.ID dari kalangan pers yang juga mendapatkan penghargaan khusus. Foto: dok/ist

Aries Susanti merupakan atlet dari cabor panjat tebing, yang telah menorehkan prestasinya hingga mengharumkan nama Jateng sampai ke tingkat internasional. Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada atlet tenis penyandang cacat, Suwarti, wartawan SUARABARU.ID Amir Machmud NS dari kalangan pers, Tri Aji atlet berprestasi, dan tokoh olahraga yang juga Bupati Pati Haryanto.

”Nama Aries Susanti Rahayu, tidak ada yang tidak kenal. Dia pemanjat tebing tercepat, terkuat, juga atlet panjat dinding tercepat. Kelasnya bukan lagi Jawa Tengah, bukan lagi Nasional, kelasnya sudah tinggi. Ini yang kemudian membakar semangat yang sangat luar biasa,” ujar Ganjar memuji prestasi atlet Jateng itu, dalam puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37, di GOR Pesantenan Kabupaten Pati, Rabu (9/9/2020) malam.

BACA JUGA : DPRD Kudus ‘Warning’ Kontraktor Proyek City Walk Rp 16 M

Penghargaan spesial lain juga diberikan kepada Suwarti, yang merupakan atlet penyandang disabilitas dari cabor tenis. Suwarti terkenal memiliki pukulan atau smes yang mematikan lawan. Menurut Ganjar, mereka adalah orang-orang yang berjasa dalam bidang olahraga. Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah provinsi atas pencapaian luar biasa para atlet selama ini.

Dia juga menekankan dalam momen di masa pandemi covid ini, olahraga merupakan hal penting untuk menjaga imunitas. Tidak hanya sekadar olahraga, tapi juga hobi dan lainnya. Dalam kesempatan ini, Ganjar menuturkan ada dua momen olahraga besar yang akan tetap dilakukan, yakni Borobudur Marathon dan Tour de Borobudur.

”Dua kegiatan itu, Borobudur Marathon dan Tour de Borobudur tidak di-delete. Tapi diadakan dengan lebih kreatif,” imbuh dia.

blank
Ganjar Pranowo berfoto bersama dengan sebagian penerima penghargaan dalam peringatan Haornas 2020. Foto: dok/ist

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Jateng, Sinung N Rachmadi menambahkan, penyelenggaraan Haornas kali ini mengambil tema ‘Jaga Imunitas Lawan Covid-19’. Pihak panitia penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada atlet dan penggiat olahraga lainnya, yang dinilai mempunyai prestasi tersendiri.

”Aries Susanti Rahayu tidak dapat hadir, karena mengikuti pelatihan dasar CPNS Golongan II Kemenpora RI Gelombang I Tahun 2020,” terangnya.

Riyan