blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta Forkopimda Demak, melakukan bakti sosial dengan menabur benih ikan. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Achmad Luthfi, bersama Pangdam IV/Diponegoro yang diwakili Asisten Teritorial Kolonel Inf Suhartono dan rombongan, melaksanakan kegiatan panen raya, bakti sosial dan tabur benih ikan di Desa Temuroso, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Rabu (2/9/2020).

Turut dalam acara itu, Bupati HM Natsir dan Forkopimda Demak, Dandim 0716/Demak Letkol Arh Muhammad Ufiz dan Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama.

Kegiatan diawali dengan pemberian bantuan sosial kepada warga yang terdampak covid-19, pemberian 10 ribu masker dan penaburan 50 ribu bibit ikan. Kemudian diserahkan pula bantuan benih padi, jagung dan kacang hijau, dilanjutkan dengan panen raya kacang hijau.

BACA JUGA : PWI Jateng Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan di Brebes

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu bagian percepatan ekonomi. Selain itu bertujuan untuk merangsang perekonomian, sehingga diharapkan tidak ada kendala ekonomi dalam situasi pandemi covid-19.

”Kita juga telah menabur benih ikan nila dan lele hampir 50 ribu di embung desa. Kita juga melakukan bakti sosial untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19,” kata Kapolda dalam keterangannya kepada para awak media, usai melaksanakan panen raya.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial yang dilakukan ada beberapa macam, yakni bakti sosial alat-alat kesehatan, pembagian masker dan pemberian bantuan sembako. Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meringankan beban hidup warga di tengah situasi pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Demak.

blank
Dalam kegiatan itu juga dilakukan panen raya kacang hijau, serta penyerahan bantuan bibit tanaman di Desa Temuroso, Guntur, Kabupaten Demak. Foto: rudy

Sementara itu, Bupati Demak HM Natsir menambahkan, wilayahnya merupakan daerah komoditi penyangga ketahanan pangan di Jateng, terutama untuk tanaman padi, kacang hijau, semangka, melon, jambu merah delima dan jambu citra yang sudah Go International sampai ke Cina. Sedangkan untuk komoditi bawang merah dan kacang hijau menjadi nomor dua produksi Nasional.

Usai panen raya, Kapolda Jateng beserta rombongan melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Desa Jragung.

Kegiatan ini dilakukan guna memantau situasi hutan di musim kemarau dari bahaya kebakaran hutan, di wilayah hukum Polres Demak, Polres Semarang, dan Polres Grobogan.

Rudy-Riyan