blank

WONOGIRI(SUARABARU.ID) – Dinas KUKM dan Perindag Kab. Wonogiri bersama Bank Jateng Cabang Wonogiri pada Rabu (26/08/2020) melaksanakan Sosialisasi E-Retribusi di Pasar Bung Karno Baturetno.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman depan Pasar Bung Karno Baturetno diikuti oleh perwakilan pedagang Kios dan Los yang ada di Pasar Baturetno dan dihdiri dari oleh Kepala Satpol PP Kab. Wonogiri, Kepala Dinas Kominfo Kab.Wonogiri, Camat Baturetno, BPKD Kab.Wonogiri dan Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri.

Wahyu Widayati, selaku Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kab.Wonogiri dalam sambutannya mengatakan bahwa e-retribusi di Pasar Baturetno ini adalah pelaksanaan pertama e-retribusi pasar di Kabupaten Wonogiri dan program ini akan terus berlanjut ke pasar-pasar berikutnya. Diharapkan semua pasar di Kab.Wonogiri dapat menerapkan e-retribusi seluruhnya.

Dengan demikian, penerimaan retribusi bisa optimal dan bermanfaat untuk perbaikan sarana maupun prasarana pasar sehingga pasar menjadi bersih, kesejahteraan pedagang pasar meningkat, dan masyarakat senang belanja di pasar tradisional.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Ibu Wahyu kepada Bank Jateng karena support dan dukungan dari Bank Jateng, e-retribusi di Pasar Baturetno ini dapat terealisasi.

Launching E-Retribusi di Pasar Baturetno ini telah dilaksanakan tanggal 1 September 2020 nanti, jadi diharapkan dengan adanya sosialisasi ini pedagang sudah mengerti dan pelaksanaan e-retribusi nanti dapat berjalan dengan lancar.

Ratna Sulistyawati selaku Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri mengatakan, pihaknya terus berkomitmen apapun program Pemerintah demi kemajuan dan peningkatan pendapatan daerah akan didukung penuh olehnya. Dengan adanya E-Retribusi pasar, Bank Jateng juga turut mendukung gerakan transaksi non tunai dan juga memudahkan monitoring dan reporting retribusi pasar yang cepat dan transparan.

Tim Bank Jateng Cabang Wonogiri memberikan penjelasan ke perwakilan pedagang Pasar Baturetno mengenai bagaimana nantinya melalui E-Retribusi petugas pasar menarik retribusi melalui alat MPOS dan pedagang cukup melakukan tapping kartu yang sebelumnya pedagang perlu melakukan topup atau pengisian kartu sehingga saldo yang ada cukup untuk dapat membayar. Pedagang yang sudah terdaftar dan mendapat kartu dapat melakukan top up kartu melalui ATM Bank Jateng, layanan teller dan agen Duta Laku Pandai yang telah ditunjuk oleh petugas pasar.

Setelah itu pedagang akan mendapatkan bukti transaksi berupa struk transaksi sebagai bukti telah memenuhi kewajiban pembayaran retribusi pasar.

Setelah sosialisasi selesai, dilaksanakan penyerahan Kartu E-Retribusi sebanyak 196 bagi pedagang yang meiliki Kios di Pasar Baturetno, antusiasme pedagang sangat terlihat ketika mereka aktif bertanya dan ikut praktik langsung dengan menggunakan alat tapping.

Bank Jateng