blank
Kasatlantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini saat memeriksa kelengkapan seorang personel Polwan dan disaksikan Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Momen peringatan Hari Polisi Wanita (Polwan) RI ke 72 dilaksanakan dengan kegiatan yang sederhana di lingkungan Polres Grobogan. Hal pertama dilakukan pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan 63 personel Polwan oleh tim penegakan ketertiban dan disiplin, Senin (31/8/2020).

Dalam kegiatan tersebut, pemeriksaan dipimpin langsung Kasi Propam Iptu Sutarjo dan Kasat Lantas AKP Sri Martini dan disaksikan Wakapolres Grobogan, Kompol Prayudha Widiatmoko. Dalam pemeriksaan ini, seluruh personel dinyatakan tertib dari segi pakaian dinas. Sedang, satu personel yang belum memperpanjang surat izin mengemudi miliknya.

“Gaktiblin ini dalam rangka HUT ke-72 Polwan. Alhamdulillah semuanya tertib, namun ada satu anggota yang SIM-nya lewat satu hari,” terang AKP Sri Martini.

Pihaknya menjelaskan, momen HUT Polwan ini, para personel harus bisa mengambil peranan baik dalam pelaksanaan tugas negara maupun sebagai seorang istri atau ibu ketika di dalam rumah tangga.

”Polwan harus bisa mawas diri, harus bisa melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan peranan masing-masing,” ungkap perempuan yang pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Rembang ini.

blank

Vidcon dan Potong Tumpeng

Selain pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan Polwan, kegiatan dilanjutkan dengan video conferences yang dilaksanakan di  Posko Sanika Satyawada, Selasa (1/9/2020). Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko, serta jajaran pejabat utama dan perwakilan polisi wanita yang menggunakan seragam pakaian dinas utama (PDU) IV.

Menurut Kasipropam, Iptu Sutarjo, dalam video conferences yang diadakan Polda Jateng ini, diarahkan tentang beragam hal, khususnya peran Polwan dalam tugasnya.

“Peran polwan di Indonesia sangat unik, ada sisi lembut. Terutama di bidang kejahatan perlindungan anak dan wanita. Sementara, di luar negeri, ada perwakilan Polwan menjadi anggota pasukan perdamaian FPU. Pada masa pandemi covid-19, kiprah Polwan di saat Pandemi sangat berperan membantu dan mendukung Polri dalam membangun dapur umum bersinergi membantu masyarakat yang terdapat covid-19,” ungkap Iptu Sutarjo, menyampaikan arahan yang disampaikan dalam vidcon tersebut.

Usai video conferences dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan yang diserahkan kepada Kapolsek Purwodadi, AKP Sudarwati, sebagai Polwan senior di lingkup Polres Grobogan.

Sedangkan, Wakapolres Grobogan Kompol Prayudha Widiatmoko memotong roti tart dan diserahkan secara simbolis kepada seorang personel Polwan, yakni Bripda Dessy yang bertugas di Satuan Lalu Lintas.

Hana Eswe-trs