Donny van de Beek/dok

MANCHESTER (SUARABARU.ID) – Gelandang berusia 23 tahun milik Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, setuju pindah ke Old Trafford. Manchester United (MU) memantau dia lebih dalam pada bursa transfer musim panas ini. Tanda-tanda kepergian lulusan akademi Ajax itu terasa sejak ditepikan tim dari laga uji coba melawan Eintracht Frankfurt pada Sabtu (29/8).

Jurnalis Sky Sports dan Guardian, Fabrizio Romano, menyatakan Van de Beek sudah menyepakati kontrak berdurasi lima tahun dengan The Red Devils. Kesepakatan itu yang kemudian membuatnya percaya diri maju menghadap manajemen Ajax. Setan Merah secara resmi telah mengirimkan penawaran resmi pertama yang sudah sesuai dengan tuntutan juara Belanda tersebut.

Jumlahnya adalah 40 juta euro plus bonus-bonus. Ajax diklaim menerima proposal itu dan dokumen kepindahan Van de Beek diperkirakan tuntas dalam pekan ini. Sang pemain selanjutnya tinggal menjalani tes medis.

Pelatih Ajax Erik ten Hag membenarkan rencana kepergian pemain tengah berbakat itu. “Kami akan lihat apa yang terjadi. Kami siap membuat pengumuman segera setelah ada kejelasan,” ujar Ten Hag. “Permintaan untuk tak mengizinkannya bermain tidak dalam secara spesifik dari satu sisi saja, kami menyepakatinya. Kesepakatan sudah terjalin tentang kemungkinan transfer, dan kalau kemungkinan itu muncul, Anda juga harus kooperatif,” tandasnya.

Lima musim bersama skuad utama, Van de Beek turun 175 kali dengan mencetak 41 gol dan 34 assist. Dia membawa De Amsterdammers memenangi Liga Belanda musim 2018-2019, dan mencapai semifinal Liga Champions pada musim yang sama. Untuk masuk tim inti MU, dia harus bersaing dengan Paul Pogba, Fred, Nemanja Matic, dan Scott McTominay.

rr