blank
Petuga pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan api yang melalap kandang ayam di Desa Honggosoco, Kudus.foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kebakaran hebat melanda kandang ayam di Desa Honggosoco Rt 5 Rw 3, Kecamatan Jekulo Kudus, Senin (31/8). Sebanyak 13 ribu lebih ayam yang ada di dalam kandang, hangus terpanggang api yang melalap semua bagian kandang.

Sumirin (50), operator kandang ayam menjelaskan kobaran api tiba-tiba muncul dari kandang ayam sekitar pukul 07.00 wib. Api, kemudian merambat hingga membakar seluruh kandang ayam.

Warga, sempat coba memadamkan api. Namun karena terlalu cepatnya api merambat, warga tak bisa menyelamatkan sisa kandang dan sempat menyambar sebagian kandang lainnya.

“Ayam di kandang yang habis terbakar ada sebanyak 13 ribu, umurnya sekitar 12 hari,” ucap dia disela pemadaman.

Untuk luasan kandang ayam sendiri, kata dia, memiliki lebar sekitar 14 meter. Dengan panjang kandang kira-kira sekitar 70 hingga 80 meter.

“Kira-kira segitu, kami tidak bisa menyelamatkan ayam-ayamnya karena api sangat cepat merambat,” lanjutnya.

Untuk sumber api, lanjutnya, pihaknya memperkirakan karena adanya konsleting arus listrik. “Kerugiannya sekitar 500 juta, termasuk pakan, kandang, dan ayam yang terbakar,” jelasnya.

Sementara koordinator pemadam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Agus H mengatakan, api sangat cepat merambat karena kandang terbuat dari kayu. Selain itu, alas kandang yang terbuat dari jerami pun membuat api semakin membesar. “Sehingga langsung hangus, bangunannya sudah habis,” ucap dia.

Pihak pemadam sendiri, kata dia, sempat kesulitan menemukan lokasi. Karena minimnya informasi awal. “Kami kemudian memanfaatkan jaring relawan untuk menemukan titik lokasi,” tambahnya.

Sementara proses pemadaman hingga kini masih dilangsungkan. Total mobil pemadam sendiri yang diterjunkan adalah sebanyak lima unit mobil pemadam. Dua dari BPBD, dua dari Damkar Pemkab, dan satu dari perusahaan swasta.

Tm-Ab