blank
Para  wisudawan  saat akan menerima ijazah secara drive thrue dengan naik golf car dan diantar oleh caddy menuju podium. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

MAGELANG-(SUARABARU.ID)- Di tengah pandemi Covid-19 Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melaksanakan wisuda sarjana program magister (strata dua/S2), sarjana S1 dan ahli madya.

Wisuda sarjana yang dilaksanakan di Borobudur International Golf & Country Magelang, Selasa ( 25/8) tersebut dilakukan dengan penuh protokol kesehatan. Menariknya, wisuda yang yang dilaksanakan padang golf tersebut  para wisudawan  saat menerima ijazah secara drive thru, yakni dengan naik golf car dan diantar oleh caddy menuju podium.

“Sebelum masuk lokasi wisuda, para wisudawan  dicek suhu tubuhnya dan wajib melewati bilik sterilisasi yang disediakan panitia,” kata Panita  Wisuda ke-72  periode kedua tahun akademik 2019-2020, Lilik  Andriyani.

Lilik mengatakan, panitia menyediakan face shield, masker dan hand sanitizer sebagai cindera mata dan wajib digunakan selama prosesi wisuda berlangsung. Sementara orang tua wisudawan tidak hadir di tempat wisuda, melainkan menyaksikan putra-putrinya diwisuda secara daring melalui layanan yuotube.

Menurutnya, wisuda kali ini sebenarnya akan dilaksanakan beberapa bulan lalu, tetapi karena adanya pandemic covid-19, maka baru bias terlaksana saat ini.

Ke -240 wisudawan baru tersebut terdiri atas delapan orang  wisudawan S2, 224 wisudawan S1, dan 8 wisudawan Ahli Madya.

“Dari 240 wisudawan tersebut, 30 orang diantaranya  lulus dengan predikat cumlaude. Dan, yang meraih nilai dengan indeks prestasi komulatif (IPK) tertinggi  yakni 3,83 yang diraih Werdi Ningrum dari program studi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” katanya.

Rektor Unimma, Suliswiyadi dalam sambutannya mengatakan,  meskipun  pelaksanaan wisuda kali ini dalam kondisi yang sangat terbatas dan tanpa kehadiran para  orang tua/wali wisudawan, tetapi tidak mengurangi kebahagiaan wisudawan.

“Semoga wisuda kali ini menjadi moment yang tidak terlupakan sepanjang sejarah Unimma yakni wisuda di tengah pandemi Covid-19 dan dilaksanakan secara singkat dan tanpa kehadiran para orangtua wisudawan,” kata Suliswiyadi.

Ia menambahkan , berdasarkan peringkat PTN dan PTS se- Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unimma berada di peringkat ke-94 nasional dan peringkat kelima dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020.

Suliswiyadi juga berharap kepada para wisudawan untuk dapat kembali dan berkontribusi dalam kehidupan nyata di masyarakat maupun instansi tempat bekerja usai mengakhiri menuntut ilmu di bangku kuliah.

Yon-trs