blank
Dr KH Ahmad Darodji MSi (Ketua Umum MUI Jateng). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, menyerukan kepada seluruh imam Salat Jumat di masjid-masjid se-Jateng, pada Jumat (14/8/2020), agar sekaligus memimpin doa untuk keselamatan bangsa, khususnya berdoa agar diberi keselamatan serta dijauhkan dari keganasan covid-19.

”Seruan ini dikeluarkan MUI dalam rangka merespons gagasan Pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bagaimana bila Shalat Jumat besok, para imam sekaligus memimpin doa untuk keselamatan warga Jawa Tengah, agar terbebas dari pandemi covid,” kata Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi kepada pers, Kamis (13/8/2020).

Ditambahkan dia, MUI Jateng pun merespons positif gagasan itu, sebagai ikhtiar batin yang bagus. Doa bersama itu juga sekaligus dalam rangka momentum peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA : Tentrem Semarang, Ikon Baru Kota Atlas

Kiai Darodji pun meminta kepada MUI Kabupaten dan Kota se-Jateng, untuk meneruskan imbauan itu, hingga tingkat MUI kecamatan. Selanjutnya MUI kecamatan agar memaksimalkan hingga ke semua masjid di wilayahnya, hingga masjid kampung.

Doa bersama agar terhindar penularan covid-19 ini, dimaknai Kiai Darodji sebagai usaha batiniah yang merupakan kelengkapan dari usaha lahiriah yang selama ini sudah terus menerus dilakukan bersama.

Ditegaskan pula, semua berharap dengan doa serentak di Shalat Jumat, Allah SWT segera mengabulkan dengan dibebaskannya seluruh lapisan masyarakat dari pandemi ini.

Riyan-Sol