blank
1.Jalan di Dusun Kenteng kini sudah ditingkatkan dan kini dimeriahkan dengan nuansa 17-an yakni pemasangan bendera dan umbul-umbul. Foto : Hana Eswe.
blank
4.Kades Tambakselo, Sareh Joko Prasetyo. Foto : ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Setelah sebulan dilaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108, Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari semakin baik. Terutama di wilayah Dusun Kenteng.

Di dusun tersebut, sebelumnya warga merasa kesulitan. Pasalnya, jalan kampung sepanjang 700 meter ini tidak pernah tersentuh perbaikan.

“Dulu jalannya memprihatinkan. Kalau hujan pasti warga jadi susah,” jelas Ady, warga setempat.

Kini setelah ditingkatkan, warga tidak lagi kesulitan. Roda perekonomian juga semakin baik dibandingkan sebelumnya. Lalu lalang pengendara sepeda motor juga terlihat lebih mudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

blank
2.Gotong royong warga saat melakukan pencarian sumber air di dekat hutan. Foto : Hana Eswe/ist.

Kepala Desa Tambakselo, Sareh Joko Prasetyo mengungkapkan rasa syukurnya saat desa yang dipimpinnya berkembang lebih baik setelah dibangun oleh Satgas TMMD Reguler 108 dan peran serta Pemerintah Kabupaten Grobogan.

“Saya ikut bahagia dan bersukur karena dapat program TMMD Reguler ke 108 dari Bupati Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi. Salah satunya program peningkatan jalan ini.”

“Semoga warga kami terus bertambah berkah, ekonomi lancar, jalan yang baru ini juga bisa membantu masyarakat dalam segala bidang. Terima kasih kepada Pemkab Grobogan, Kodim 0717/Purwodadi, Batalyon Alugoro 410, Arhanudse 15 Semarang dan Korem 073 Makutarama yang sudah ikut membangun desa kami,” jelas Sareh, Rabu (12/8/2020).

Air Lancar

Selain peningkatan jalan, warga juga merasa senang atas program pipanisasi air yang dibuat Satgas TMMD ke 108. Dengan program tersebut, kini warga tidak perlu merasakan kesulitan air bersih.

“Ada program pipanisasi air. Jadi, dalam TMMD kemarin melakukan pencarian sumber air di hutan yang memang berbatasan langsung dengan Dusun Kenteng ini. Kemudian dibangun bak penampungan air, yang sekarang ini sudah bisa dinikmati warga,” tambahnya.

Sentra Jagung Ikut Maju

blank
3.Lahan jagung yang luas membuat Tambakselo dikenal sebagai sentra jagung pipil. Foto : Hana Eswe.

Keunikan lain dari wilayah Desa Tambakselo adalah lahan pertanian mayoritas ditanami jagung. Tak heran, jika di wilayah ini dikenal sebagai sentra jagung pipil.

Dorongan dan promosi yang pernah dibantu Satgas TMMD menjadi penyemangat warga setempat untuk melestarikan perkampungan mereka menjadi sentra jagung.

“Sentra jagung baik dan lebih maju berkat dorongan dan promosi oleh Satgas TMMD beberapa waktu lalu. Saya berharap, semoga semangat gotong royong meningkat di wilayah kami.”

“Desa Tambakselo ini terdiri dari 14, kami berharap selalu diperhatikan Pemkab Grobogan sehingga ke depan pembangunan lebih mudah dan lancar, serta membawa desa yang maju makmur sejahtera,” harapnya.

Hana Eswe.