blank
Wakil Ketua I PMI Purbalingga, drg Hanung Wikantono menyerahkan dana sumbangan masyarakat kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Pringgitan Pendapa Dipokusumo. Foto: Ist

PURBALINGGA (SUARABARU.ID)- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga berhasil menghimpun dana sumbangan masyarakat untuk penanganan covid-19 sebesar Rp 117.027.000.

Dana tersebut dihimpun  sejak April 2020. Dana sumbangan masyarakat itu, diserahkan kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Pringgitan Pendapa Dipokusumo, Selasa (11/8).

Wakil Ketua I PMI Purbalingga, drg Hanung Wikantono mengungkapkan, beberapa bulan lalu, pihaknya menggalang donasi dari masyarakat dalam rangka membantu saudara-saudara di Purbalingga yang terdampak covid-19.

“Hasil donasi hari ini kita serahkan kepada pemerintah kabupaten Purbalingga untuk membantu penanganan Covid-19,” ujarnya.

Dalam penyerahan sumbangan dana, turut disaksikan jajaran pengurus PMI, Asisten Pemerintahan dan Kesra R Imam Wahyudi, dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Prayitno.

Dikatakan Hanung yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, perolehan donasi masyarakat yang dihimpun PMI terdiri dari sumbangan Koperasi Anugerah Rp 10 juta.

Kemudian dari Dharma Wanita Kabupaten Purbalingga Rp 5 juta, Anggota Korpri Kabupaten Purbalingga Rp 93 juta, Satpol PP Rp 6,9 juta dan sisanya berasal dari sumbangan masyarakat.

“Tentu nantinya dana ini akan digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan karena dampak covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir,” katanya.

Saat ini, Kabupaten Purbalingga memasuki daerah zona kuning dengan pasien konfirmasi positif covid-19 yang masih dirawat sebanyak empat orang.

Rinciannya, total pasien positif sebanyak 73 orang, sembuh 68 orang, dan meninggal dunia 1 orang. Kabupaten Purbalingga juga masih menggalakkan pemeriksaan swab utamanya dikalangan penyelenggara pemerintahan.

Setelah sebelumnya tes swab dilakukan kepada para pejabat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam waktu dekat menyusul tes swab untuk para kepala desa.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran PMI Purbalingga melalui penggalangan dana untuk penanganan covid-19.

Dengan adanya sumbangan dari masyarakat, sangat membantu pemerintah khususnya tim gugus tugas covid-19 dalam melaksanakan penanganan covid-19 dan membantu masyarakat yang terdampak.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada kalangan masyarakat yang sudah berkontribusi memberikan sebagian rezekinya untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak covid-19,” ujarnya.

Tak terkecuali jajaran PMI yang telah memberikan kepedulian luar biasa terhadap adanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Purbalingga.

Bupati Tiwi berharap, sebagai mitra pemerintah daerah, sinergitas PMI dapat terus meningkat dimasa depan sehingga pemkab dan PMI dapat terus bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak covid-19.

Bupati kembali berpesan agar seluruh elemen masyarakat tetap waspada terhadap ancaman Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

“Kita semua harus tetap disiplin dalam mematuhi anjuran protokol kesehatan di tengah pandemi. Kita patuhi anjuran menggunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak aman,” pesannya.

Dengan sinergitas yang kuat dengan seluruh elemen masyarakat, lanjut Tiwi, maka Purbalingga dapat segera terbebas dari Covid-19.

M Abdul Rohman – trs