blank
Danramil-05 Baturetno Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Cba) Oyon Subiyanto, dan Kapolsek Baturetno, AKP Suwono, melakukan sidak untuk mendisiplinkan masyarakat memakai masker.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Disiplin memakai masker saat berkepentingan ke luar rumah, ternyata belum diindahkan oleh semua masyarakat. Ini mendorong jajaran Forkompimcam Baturetno dan Purwantoro di Kabupaten Wonogiri, turun ke jalan untuk melaksanakan sidak disiplin pemakaian masker.

Sidak disiplin pemakaian masker dilaksanakan dengan mendatangi tempat keramaian masyarakat, yakni di Terminal Baturetno. Personel Forkompimcam yang turun terdiri atas Camat Baturetno, Nur Haryono, Danramil-05 Baturetno Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Cba) Oyon Subiyanto, dan Kapolsek Baturetno, AKP Suwono, Masing-masing disertai anggota.

Kepada warga masyarakat yang didapati tidak menggunakan masker, diberikan pemahaman tentang pentingnya mengenakan masker ketika berkegiatan di luar rumah. Yakni untuk tujuan mencegah penularan wabah virus corona. Kepada warga dipahamkan bahwa memakai masker, menjadi bagian dari upaya mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

blank
Dalam sidak pendisiplinan pemakaian masker, personel Koramil-05 Baturetno Kodim 0728 Wonogiri, juga memberikan sosialisasi edukasi pencegahan wabah corona kepada masyarakat.

Pandemi Mendunia
Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 yang mendunia sekarang ini, jangan ada warga masyarakat yang menyombongkan dirinya hebat, kuat, sehat dan tak mempan oleh serangan virus corona. Pemerintah, perlu menggalang kebersamaan semua elemen masyarakat tanpa terkecuali, untuk melakukan pencegahan pandemi Covid-19.

Kegiatan untuk mendisiplinkan pemakaian masker, dijadikan agenda dalam upaya mensosialisasikan kiat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Disamping tindakan untuk rajin tindakan Cuci Tangan Memakai Sabun (CTMS), menjaga jarak, menghindari kumpul-kumpul orang banyak, dan membudayakan Perilaku Hidup Brsih Sehat (PHBS).

Di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, upaya mendisiplinkan masyarakat memakai masker saat berkegiatan di luar rumah, diprakarsai oleh jajaran Forkompimcam bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 tingkat kecamatan.

blank
Anggota Polsek dan Koramil bersama aparat Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, melakukan kegiatan patroli disiplin pemakaian masker ke desa dan kelurahan.

Bersama Tim GTPP, Danramil-19 Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Hengky Nurcahyadi, mengimbau kepada semua elemen masyarakat, untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

Patroli Masker
Bersama itu, juga dilakukan patroli pendisiplinan pemakaian masker dengan melibatkan personel Koramil-19 Purwantoro Serda Winarto dan Serda Masrukin. Itu dilakukan bersama aparat dari Kecamatan dan jajaran Polsek serta tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Purwantoro.

Patroli pendisiplinan pemakaian masker, dilakukan dengan mengunjungi desa-desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Purwantoro. Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga masyarakat, tentang perlunya mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisasi penularan dan dalam kiat memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona.

Bambang Pur