blank
Mobil damkar PT Semen Gresik, ikut memadamkan kebakaran yang melanda Toko Tunggal Jaya, Rembang. Mobil damkar Semen Gresik selalu siap diterjunkan untuk mempercepat proses pemadaman kebakaran baik di wilayah Rembang maupun Blora. Foto: dok/ist

REMBANG (SUARABARU.ID)– Sebuah kebakaran besar melalap tiga bangunan unit toko mebel dan peralatan plastik Tunggal Jaya, di Kota Rembang, Rabu (5/8/2020) siang. Api yang berkobar berhasil dipadamkan, setelah satu armada truk pemadam kebakaran dan satu truk tangki penyuplai air milik PT Semen Gresik, ikut serta membantu proses pemadaman.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran itu terjadi pukul 11.45 WIB. Dalam waktu cepat, api langsung membakar tiga unit toko mebel dan sebuah toko plastik Tunggal Jaya.

Dalam proses pemadaman itu, sejumlah armada damkar milik Pemkab Rembang maupun instansi lainnya, juga berjibaku membantu memadamkan api. Termasuk armada damkar berkapasitas 5.000 liter milik PT Semen Gresik. Perusahaan persemenan terkemuka ini juga mengoperasikan truk tangki berkapasitas 12.000 liter untuk suplai air.

BACA JUGA : Semen Gresik Bagikan Hewan Kurban ke Ponpes hingga Sedulur Sikep

Manajer Safety, Health and Enviroment (SHE) PT Semen Gresik, Imron mengatakan, saat mengetahui peristiwa kebakaran itu, pihaknya langsung menerjunkan dua armada beserta sejumlah personelnya, untuk ikut membantu proses pemadaman.

Truk tangki berkapasitas 12.000 liter tak hanya untuk mensuplai air mobil damkar PT Semen Gresik saja, namun juga bisa dimaksimalkan truk milik instansi lainnya yang kehabisan air.

”Semen Gresik selalu siap terjun dalam berbagai upaya pemadaman kebakaran. Tak hanya toko atau rumah, kita juga beberapa kali ikut memadamkan kawasan hutan, baik di wilayah Rembang maupun Blora yang terbakar,” kata Imron, di sela-sela proses pemadaman.

Menurut dia, mobil damkar sangat multifungsi. Tak hanya digunakan untuk membantu pemadaman kebakaran saja, namun juga dimaksimalkan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan ke berbagai jalan protokol di Kabupaten Rembang.

blank
Personel SHE PT Semen Gresik, ikut berjibaku memadamkan api. Aksi peduli ini bagian dari komitmen Semen Gresik untuk selalu berkontribusi positif dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik wilayah Rembang maupun Blora. Foto: dok/ist

Dapat Apresiasi
Penyemprotan disinfektan kerja sama dengan jajaran Polres maupun Pemkab Rembang ini, untuk mencegah penyebaran covid-19.

”Semen Gresik tak hanya membantu proses pemadaman kebakaran. Namun juga membantu korban kebakaran. Bantuan ini seperti yang diberikan kepada Ngusman (55), warga RT 01 RW II Desa Candimulyo, Kecamatan Sedan, Rembang, yang rumahnya terbakar akhir Juli lalu. Semen Gresik membantu 100 sak semen untuk membantu pembangunan rumah itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Rembang, Waluyo, mengapresiasi berbagai pihak yang ikut membantu proses pemadaman kebakaran itu. Bantuan dari berbagai instansi termasuk armada damkar milik Semen Gresik sangat diperlukan, seiring terbatasnya stok air saat proses pemadaman.

”Kita kerahkan semua. Baik PDAM, Semen Gresik dan instansi lainnya. Kapasitas armada damkar Semen Gresik paling besar, jadi sangat membantu upaya pemadamannya,” tandasnya.

Riyan-Sol