blank
Bupati Pacitan Indartato didampingi para anggota Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memberikan penjelasan terkait adanya penambahan 5 kasus baru corona.(Foto:Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Pacitan, Jatim, sehari dilaporkan tambah 5 kasus baru positif Corona Virus Disease (Covid)-19. Ini menjadi catatan penambahan terbesar kasus baru positif Covid-19 di kabupaten yang memiliki julukan sebagai Paradise of Java tersebut.

Tim Humas Kabupaten Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, menyatakan, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan, Selasa (7/7) merilis hasil uji swab terbaru dengan hasil 5 orang terkonfirmasi positif corona. Penambahan 5 kasus baru ini, dicatat menjadi rekor terbanyak sejak kasus pertama yang terjadi pada Bulan April 2020 lalu.

Kelima orang positif baru corona tersebut, semuanya berjenis kelamin perempuan. Terdiri atas 4 orang wanita dari klaster lokal asal Sudimoro, dan satu orang perempuan lagi warga dari Kecamatan Pacitan Kota, Kabupaten Pacitan.

Tindakan 3 T
Menyikapi penambahan tersebut, Bupati Pacitan Indartato, menyatakan, untuk mengantisipasinya terus dilakukan langkah-langkah pencegahan. Yakni dengan mengintensifkan tindakan 3T (tracing, testing dan treatment).

Demikian dikemukakan Bupati Indartato, Selasa (7/7), saat memberikan keterangan kepada media. Bupati selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan, minta kepada warga Pacitan untuk jujur jika pernah menjalin kontak dengan penderita.

”Hal ini penting untuk mencegah resiko penularan lebih luas,” tegas Bupati Indartato. Dan yang tidak kalah penting lagi, tambahnya, adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam hidup kesehariannya.

blank
Bupati Pacitan, Indartato (depan), menyampaikan perkembangan terkini penanganan Covid-19.(Foto:Humas Pacitan)

Sebuah Instansi
Sementara itu, menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Pacitan,  Rachmad Dwiyanto, empat dari lima yang terkonfirmasi positif baru, berasal dari klaster lokal dan merupakan staf dari salah sebuah instansi di Kabupaten Pacitan yang saat ini dinyatakan menjadi endemi.

Keempatnya, tambah Rachmad Dwiyanto, berasal dari desa yang sama, dan dicurigai terpapar dari pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit di Kabupaten Trenggalek, Jatim. ”Untuk satu kasus lainnnya, asal Kecamatan Pacitan, kini masih kita telusuri asal-muasal penularanya,” jelas Rachmad Dwiyanto.

Dengan penambahan 5 kasus baru tersebut, maka jumlah positif Covid di Kabupaten Pacitan meningkat menjadi 34 kasus. Pasien sembuh bertambah 1 orang, sehingga total yang sudah diperbolehkan pulang menjadi 12 orang. Sebanyak 21 orang lainnya masih dalam perawatan,  edangkan satu orang meninggal dunia.

Bambang Pur