blank
PECAH BATU: Serka Komarudin bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam TMMD Sengkuyung II Kodim 0721/Blora, mencoba membelah sejumlah batu-batu besar, yang akan digunakan untuk pembangunan jalan makadam. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)- Ada yang istimewa dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II Kodim 0721/Blora. Sejumlah warga Dukuh Banyuurip, Desa Japah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, yang tengah kerja bakti di pembangunan jalan makadam, dibuat kagum dengan kebolehan seorang anggota Koramil Japah, Serka Komarudin.

Para warga seolah tidak percaya, jika ada seorang anggota TNI yang begitu piawai membelah batu kapur berukuran besar.

Dengan keterampilannya, hanya dalam waktu sekejap batu besar itu hancur di tangan Serka Komarudin.

”Terus terang kami benar-benar tidak percaya, ada anggota TNI begitu mahir membelah batu kapur, dan ini tidak sembarang orang bisa melakukannya. Yang namanya membelah batu itu tidak hanya mengandalkan otot, melainkan juga harus dengan teknik,” celetuk Handoyo (49), salah satu warga Desa Japah.

BACA JUGA : Bupati Djoko Nugroho Apresiasi Kinerja Polres Blora

Dengan teknik tersendiri, Serka Komarudin mampu membelah sebuah batu kapur besar berubah menjadi kecil berkeping-keping hanya dengan palu godam dan sebuah pasak besi.

Salah satu teknik yang digunakan yakni, mencari titik terlemah pada sebuah batu kapur besar itu, yang biasanya ditandai dengan basah di satu titik tertentu.

Karena tak bisa menandingi kemampuan Serka Komarudin, sejumlah warga dan anggota lainnya terpaksa harus rela, sebagai tukang lansir dari batu hasil belahannya.

blank
HAMPIR SELESAI: Jalan makadam yang dikerjakan secara gotong royong, pengerjaannya sudah hampir selesai. Foto: SB/Ist.

Bagi Serka Komarudin sendiri, kemampuannya untuk membelah batu lantaran sebelum jadi anggota TNI, dia sering berkumpul dengan pemuda di desanya, yang rata-rata sebagai pencari batu.

”Tidak tahunya, sedikit ilmu meski hanya membelah batu, bisa berguna saat ditugaskan di lokasi TMMD,” terang Serka Komarudin, yang saat ini dinas di Koramil 15/Japah.

Wahono-Riyan