MAGELANG (SUARABARU.ID) -Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, menyerahkan bantuan 2.500 paket telur itik untuk warga terdampak Covid-19 di 41 desa yang tersebar di 16 dari 21 kecamatan diwilayah itu. Bantuan diserahkan selama empat hari, mulai Rabu (24/6).

Agar tidak menyalahi protokol kesehatan, bantuan diserahkan dalam empat hari. Mulai Rabu hingga Selasa minggu depan. Setiap hari ada empat desa yang mengambil bantuan ke kantor. “Itu saja diwakili oleh pemerintah desa penerima bantuan,” kata Plt Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang Drs Sukamtono, Rabu (24/6/2020).

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (kiri) menyerahkan bantuan paket telur itik kepada perangkat desa.

Bantuan itu dalam rangka penanggulangan dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Magelang. Paket yang dibagikan ada 2.500 di 41 desa, 16 kecamatan. Setiap paket berisi 10 butir telur itik.

“Bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Magelang tahun 2020 senilai Rp 62,5 juta. Sebagai penyedia telur, kami bekerja sama dengan asosiasi peternak itik Kabupaten Magelang,” katanya.

Sebelumnya Dinas Peterikan juga membagikan 2.750 kaos untuk PKK dan anak-anak Paud, TK dan SD. Bantuan kaos itu merupakan bentuk kampanye gerakan intensif minum susu dan makan telur. Di sisi lain juga sebagai bahan ajakan masyarakat untuk meningkatkan gizi anak-anak. “Untuk kegiatan itu sasaran penerimanya kami bekerja sama dengan PKK serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang,” lanjutnya.

Kepala Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, Nur Khamid mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Peterikan untuk membantu warga terdampak Covid-19 tersebut. “Bantuan ini akan kami distribusikan ke warga yang benar-benar membutuhkan. Kebetulan di desa kami ada 12 dusun, sehingga setiap dusun ada lima KK yang akan menerima,” imbuhnya.

Eko Priyono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini