Sejumlah pengurus Lions Club Wonosobo-Dieng siap mendistribusikan bantuan paket sembako. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Belum semua kaum difabel atau penyandang tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa di Wonosobo, tercover bantuan jaring pengaman sosial (JPS) selama pandemi global Covid-19 ini.

Baik itu bantuan JPS dari Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten/Desa/Kelurahan di Wonosobo. Jumlah kaum difabel yang belum menerima bantuan JPS pun terbilang tak sedikit.

Karena itu, Lions Club Wonosobo-Dieng tergerak untuk membantu kaum disabilitas tersebut. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako berupa beras, minyak, telur dan mie instans.

Pembina Lions Club Wonosobo-Dieng Ani Agus Subagiyo, mengatakan bantuan paket sembako tersebut diberikan kepada 25 penyandang disabilitas di Kelurahan Sambek Wonosobo.

“Bantuan paket sembako tersebut diserahkan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga difabel yang terkena dampak langsung wabah virus Corona,” ujar istri Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo tersebut.

Beri Manfaat

Pembina Lions Club Wonosobo Ani Agus Subagiyo tengah menyerahkan bantuan paket sembako di Kelurahan Sambek. Foto : SB/Muharno Zarka

Presiden Lions Club Wonosobo-Dieng Agus Purnomo, Minggu (21/6), berharap mudah-mudahan bantuan paket sembako tersebut bisa memberikan manfaat bagi para penerima. Apalagi selama wabah virus Corona berlangsung, banyak terjadi pelambatan ekonomi di masyarakat.

“Tidak hanya kepada penyandang disabilitas, kami juga telah penyumbang sembako pada pekerja informal dan pedagang kecil di berbagai tempat. Karena mereka termasuk kelompok rentan terdampak pandemi global Covid-19,” ungkapnya.

Pihaknya berharap jangan sampai ada warga yang sama sekali tidak menerima bantuan sosial. Apalagi mereka termasuk kelompok atau keluarga tidak mampu. Bantun JPS dari pemerintah memang belum sepenuhnya bisa meng-cover ke seluruh kelompok rentan ekonomi wabah virus Corona.

Kepala Kelurahan sambek Haryanto menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Lions Club Wonosobo-Dieng. Karena belum semua warganya menerima bantuan JPS dari pemerintah. Salah satunya adalah kelompok penyandang disabilitas.

“Masih ada sekitar 38 warga penyandang disabilitas di sini yang belum mendapat bantuan dari mana pun. Mudah-mudahan di waktu mendatang ada bantuan paket sembako lagi dari Lions Club Wonosobo-Dieng bagi warga Kelurahan Sambek,” harapnya.

Muharno Zarka-Wahyu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini