blank
Paramitha Widya Kusuma

BREBES (SUARABARU.ID) – Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma mengatakan ada drama korea dalam proses lonjakan tagihan rekening listrik yang terjadi pada sebagian pelanggan PLN. Lantaran, alasan PLN yang dinilai dibuat-buat dan tidak masuk akal menanggapi keluhan masyarakat akibat kenaikan beaya tagihan mereka yang sangat tinggi.

“PLN beralasan kalau tagihan tersebut merupakan akumulasi dari tagihan sebelumnya yang tidak tercatat. Namun alasan berubah karena rekening melonjak akibat WFH (work form home), terus alasan lain katanya mereka pada nonton drakor (drama korea). Ini alasan yang tidak masuk akal,” kata Paramitha, di rumahnya, Kamis (18/6/2020).

Ia mencontohkan, di dapilnya terdapat warnet yang sudah tutup selama dua bulan karena pandemi corona. Seluruh perangkat komputer sudah diangkut dari tempat tersebut. Tapi tagihan listrik malah membengkak menjadi Rp 7 juta yang biasanya hanya paling banyak Rp 3 jutaan.

Kemudian ada relawan yang rumahnya jauh dari kota, sama sekali tidak ada penerapan PSBB dan tidak ada WFH, namun tagihannya naik 100 persen. Selain itu ada juga kost-kostan mahasiswa di Bumiayu yang ditinggal penunggunya para mahasiswa yang pulang karena sekolahnya diliburkan, tagihannya tidak normal.

Banyak laporan yang masuk ke pesan elektronik milik Paramitha mengeluh dan menanyakan hal tersebut pada dewan asal dapil sembilan wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal ini. Semua keluhan mereka sudah disampaikan saat rapat dengar pendapat bersama Dirut PLN pada Rabu (17/6/2020).

“Jangan jadikan alasan pencatat meteran tidak bisa bekerja karena pandemi korona. Mereka kan tidak bertemu langsung dengan pelanggan. Wong Cuma catat meteran saja. Apalagi alasan dihalangi warga karena ada karantina desa. Mereka kan petugas resmi yang ada identitasnya,” katanya.

Saat ini banyak para pelanggan menjerit karena tiba-tiba tagihan mereka sangat tinggi di tengah pandemi korona, karena dampak wabah ini tidak hanya dirasakan orang bawah, tapi hampir semua lapisan masyarakat.

“Ingat yang terdampak itu hampir semua lapisan masyarakat. Saya sangat prihatin kinerja PLN kalau seperti ini. Saya harap ke depan perusahaan milik negara ini mampu memberi pelayanan yang humanis atau ramah terhadap masyarakat pelanggan,” ujara Mbak Mitha, sapaan akrab Paramitha Widya Kusuma.

Ia menambahkan, mesin penggerak ekonomi bangsa saat ini sedang tidak bekerja maksimal akibat wabah covid-19. PLN harus membentuk team pengendali pasar karena produk listrik sudah berlebih. Ia berharap PLN menciptakan program inovatif dan pro rakyat, tidak malah menambah kegaduhan di tengah masyarakat.

“Terus PLN juga jangan suka nakut-nakuti. Kalau nagih pakai bahasa yang baik lah. Masa bilangnya ‘Jika tanggal sekian tidak bayar, maka akan dicabut’, Itu bahasa yang bikin pelanggan marah dan tersinggung,” pungkasnya.

Nur Muktiadi