blank
DEKLARASI : Barisan Rakyat Sukoharjo Makmur (Barasukma) mendeklarasikan dukungan terhadap salah satu pasangan kandidat bupati di Sukoharjo.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Suhu politik di Kabupaten Sukoharjo menghangat. Setelah PKS dan Partai Gerindra berkoalisi untuk mengusung jagonya, Joko Santoso-Wiwoho (Joswi), giliran ormas Barasukma mendeklarasikan dukungan untuk kandidat lain.

Barasukma atau Barisan Rakyat Sukoharjo Makmur (Barasukma) mendeklarasikan diri mendukung pasangan Etik Suryani-Agus Santosa (EA) dalam Pilkada 2020. Meski pasangan EA belum mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP, Baraksukma tidak risau dengan kondisi itu.

“Kami berencana menggelar deklarasi untuk EA dengan mendatangkan 1.000 relawan, tapi karena ada pandemi corona, deklarasi massal kami tunda dulu,” ujar Panglima Barasukma, Didik Rudiyanto, Kamis (18/6/2020).
Menurut Didik, Barasukma merupaan ormas gabungan dari pegiat LSM, petani, pedagang dan masyarakat umum di Sukoharjo dan sudah mempunyai anggota hingga tingkat desa. Terbentuknya Barasukma sendiri sudah beberapa waktu lalu dan langsung memberikan dukungan pada pasangan EA. Terkait dengan dukungan itu, Didik mengaku banyak pertimbangan. Di antaranya pasangan EA sudah pengalaman, sudah teruji, figur keduanya adalah orang-orang yang amanah dan bisa dipercaya. “Kami tidak ingin kucing dalam karung tapi benar-benar orang yang memahani karakter masyarakat Sukoharjo,” tandasnya.
Karena itu pihaknya siap memperjuangkan EA jika nanti melangkah dalam Pilkada yang akan digelar pada Desember mendatang. Disinggung jika rekomendasi dari DPP PDIP tidak turun untuk pasangan EA, Didik mengaku Barasukma tetap akan mendukung apapun langkah yang diambil EA. Terlebih dalam hal ini (Pilkada) mereka tidak hanya melihat partai tetapi sosok yang ada.

Di satu sisi, DPC PDIP Kabupaten Sukoharjo meminta agar para kadernya tetap tenang dan tidak terpancing isu terkait rekomendasi. “Saya minta semua kader tetap tenang dan tidak terpancing isu. Nanti kalau sudah saatnya, siapa yang akan mendapat rekomendasi akan diumumkan,” ujar Ketua DPC PDIP Wardoyo Wijaya.

Gun