blank
WAWANCARA: Kabid Informatika dan Statistika Diskominfotik Kabupaten Brebes, Edwin Prasetyawan, saat diwawancarai awak media. Foto: agus supri

BREBES (SUARABARU.ID)– Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memberikan bantuan penyediaan layanan akses internet di sektor kesehatan, untuk mendukung penanganan covid-19.

”Tujuan diberikannya bantuan akses internet pada sektor kesehatan ini, untuk aksesibilitas informasi di masa pandemi covid-19. Akses internet ini dapat digunakan pasien maupun tenaga medis,” terang Marvels, selaku Plt Direktur Pengembangan Pita Lebar Kominfo, dalam keterangannya kepada para awak media di islamic Centre, Brebes, Rabu (17/6) malam, melalui sambungan telepon.

Dia menambahkan, pasien yang menjalani karantina tidak dapat berkumpul dengan keluarga atau sahabat secara fisik. Sehingga dibutuhkan sarana komunikasi, agar mereka tetap dapat berinteraksi dan pasien dapat terhibur selama karantina.

BACA JUGA : Korpri Kabupaten Tegal Bantu Penanganan Covid-19

blank
AKSES INTERNET: Kabid Informatika dan Statistika Diskominfotik Kabupaten Brebes, Edwin Prasetyawan, melihat dari dekat penginstalan akses internet di lokasi karantina penderita covid-19 di Komplek Islamic Center, Rabu (17/6/2020) malam. Foto: agus supri

”Kondisi kejiwaan yang baik akan berpengaruh dengan meningkatnya imunitas pasien. Sehingga diharapkan proses kesembuhannya dapat lebih cepat. Tenaga medis pun demikian. Sebagian dari mereka harus ditempatkan di karantina khusus medis, sehingga mereka membutuhkan sarana komunikasi dengan keluarganya. Di sinilah peran Kominfo membantu mereka, untuk tetap terhubung dengan keluarganya secara virtual,” papar Marvels.

Saat ini, katanya, terdapat 10 lokasi rumah sakit darurat atau tempat karantina yang mendapat bantuan akses internet dari Ditjen PPI. yang tersebar di tujuh kabupaten/Kota. Di antaranya Kabupaten Brebes, Kota Cirebon, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Blora, Kabupaten Kudus, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Malang.

blank

FOTO BERSAMA: Edwin Prasetyawan (keempat dari kanan), berfoto bersama beberapa awak media, usai acara penyerahan bantuan penyediaan layanan akses internet di sektor kesehatan. Foto: agus supri

”Sedangkan potensi penggunanya diperkirakan sebanyak 500-an orang. Tahap berikutnya, direncanakan bantuan yang sama untuk wilayah Jawa Timur, mengingat kasus covid-19 yang meningkat di wilayah itu,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Informatika dan Statistika Diskominfotik Kabupaten Brebes, Edwin Prasetyawan, menyambut baik bantuan itu. ”Di tempat karantina ini, dengan adanya bantuan penyediaan layanan akses internet, sangat membantu penderita covid-19 yang berada di Komplek Islamic Center Brebes,” pungkas Edwin.

Riyan