blank
Kepala DKK Kabupaten Jepara, Mudrikatun ,

JEPARA (SUARABARU.ID)– Wabah Covid- 19 benar-benar membuat semua sektor terdampak. Untuk menghindari antrean Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara menyiapkan layanan konsultasi sambungan lewat telepon di Rumah Sakit dan Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mundrikatun mengatakan setiap hari terjadi antrean pasien di Rumah Sakit dan Puskesmas. Untuk menghadapi kenormalan baru dan protokol kesehatan kami akan maksimalkan layanan konsultasi kesehatan lewat telepon.

“Puskesmas dan Rumah Sakit tidak mungkin menolak pasien, namun layanan kesehatan lewat telepon diharapkan yang datang ke Puskesmas dan Rumah Sakit bagi pasien yang benar-benar sakit”, ujarnya.

Seperti kegiatan Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu), dalam beberapa bulan terakhir menggunakan aplikasi dan konsultasi kesehatan lewat online.

“Karena bayi di bawah usia lima tahun termasuk rentan tertular virus, maka kami sarankan untuk kegiatan posyandu cukup menimbang anaknya dirumah, kemudian mengirimkan fotonya terus dievaluasi perkembangan anak”, kata Mundrikatun.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kedung II Suhadi menyambut baik layanan konsultasi kesehatan lewat sambungan telepon untuk mengurangi kunjungan dan antrian pasien. Karena dalam sehari Puskesmas Kedung II melayani pasien 100 lebih.

” Sebuah terobosan baru yang cukup baik. Namun perlu disoaialisasikan kepada msyarakat sebagai upaya mengurangi antrian dan kerumunan”, ucap Suhadi.

Ulil Abshor