blank
TERIMA BLT - Salah seorang warga penerima BLT DD menunjukkan bantuan yang diterimanya.

SLAWI (SUARABARU.ID) – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, pemerintah desa Curug, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal melakukan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD).

Sebanyak 146 warga penerima manfaat mulai pukul 09.00 WIB mendatangi balai desa setempat untuk menerima BLT DD sebesar Rp 600 ribu per jiwa dengan diatur jam kedatangannya untuk masing-masing RT, dari 10 RT yang ada dalam 2 RW.

Pengaturan jam datang dimulai dari RT 01/RW 01 dan seterusnya agar masyarakat tidak berjubel dan menghindari kerumunan warga di Balai Desa untuk pencegahan penularan wabah covid-19 ini. Kedatangan warga di koordinasi oleh Ketua RT masing-masing.

Penerima manfaat BLT DD yang sejumlah 146 orang terdiri dari 88 perempuan dan 58 laki-laki yang masing-masing jiwa adalah bagian dari masyarakat terdampak pandemi. Mereka diwajibkan memakai masker, demikian juga para petugas dari Pemdes yang membagikan pun memakai masker, sarung tangan bahkan pelindung wajah.

Pelindung wajah yang sengaja dibuat oleh salah satu warga Curug, yang dibuat dari tempat biscuit tak terpakai berbahan plastik kemudian di sulap menjadi pelindung wajah yang unik dan kreatif.

Kepala Desa Curug H Slamet SPd juga mengatakan para penerima BLT DD ini adalah orang-orang yang di luar penerima bantuan dari Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan warga ditengah wabah pandemi Covid 19 dimana banyak warga yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan,” katanya.

Dalam pembagian BLT DD hadir pula perwakilan dari kantor kecamatan yaitu Kasi Trantib, Polsek dan Koramil setempat untuk menyaksikan dan memberikan pengamanan. Di sela-sela pembagian dana tersebut, masyarakat penerima manfaat BLT DD menuturkan sangat senang karena di masa pandemi covid-19 ini mendapatkan bantuan BLT DD di momen yang tepat beberapa hari menjelang perayaan Idul Fitri 1441 H.

Nur Muktiadi