blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyerahkan bantuan APD kepada Camat Kuwarasan Susilo, Senin 18/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengapresiasi Kecamatan Kuwarasan sebagai daerah zona hijau penyebaran Covid-19. Bupati pun meminta semua elemen di Kecamatan Kuwarasan mempertahan status tersebut.

Sebab, hingga Senin (18/5) di wilayah selatan Kota Gombong tersebut belum ditemukan kasus positif corona.”Kondisi ini perlu dijaga bareng-bareng agar status hijau ini tidak ada yang terkena Covid-19,”ujar Yazid Mahfudz, saat memantau Posko Covid-19 Kecamatan Kuwarasan pada Senin (18/5).

Kepada Camat bersama Forkopimcam dan para kepala desa di Kecamatan Kuwarasan, Bupati berpesan untuk terus kompak dalam penanganan wabah ini. Sebab, penanganan penyebaran Covid-19 butuh kedisiplilinan, kekompakan dan dukungan semua elemen, baik di Pemerintahan dan masyarakat.”Harus disengkuyung bareng-bareng untuk memutus mata rantai Covid-19,”tuturnya.

Camat Kuwarasan Susilo, mengungkapkan, pihaknya menyediakan rumah isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Covid-19. Hal ini untuk mengantisipasi adanya warga yang tidak bisa menjalani karantina mandiri.

Menurut Susilo, sebetulnya rumah dinas camat itu dimanfaatkan untuk rumah isolasi ODP dan PDP.  Bahkan juga disediakan tempat tidur cukup, termasuk alat masak. Ia menambahkan, di Kecamatan Kuwarasan hingga sekarang ada 12 PDP dan 1.700 PDP. “Semuanya melakukan karantina mandiri,”imbuh Camat.

Dalam kunjungan pemantauan ke Kecamatan Kuwarasan itu Bupati Kebumen didampingi Kepala Diskominfo Cokroaminoto, Sekretaris Dinas Kesehatan Kusbiyantoro, Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto serta sejumlah pejabat. Bupati juga memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker, baju, sarung tangan dan hand sanitizier kepada camat dan gugus tugas kecamatan.

Komper Wardopo